Apa Itu Halitosis?

Lebih dari 80 juta orang menderita halitosis kronis, atau bau mulut. Dalam kebanyakan kasus itu berasal dari gusi dan lidah.
Katalog lengkap Ebook DokterGigiGAUL

Bau ini disebabkan oleh limbah dari bakteri di mulut, pembusukan partikel makanan, puing-puing lain di mulut Anda dan kebersihan mulut yang buruk. Pembusukan dan puing-puing menghasilkan senyawa belerang yang menyebabkan bau tidak sedap.

Apa yang menyebabkan bau mulut?

Bau mulut terutama disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk tetapi juga dapat disebabkan oleh partikel makanan yang tertahan atau penyakit gusi.

Apakah bau mulut berasal dari sumber lain selain mulut?

Bau mulut juga dapat terjadi pada orang yang memiliki infeksi medis, diabetes, gagal ginjal atau kerusakan hati. Xerostomia (mulut kering) dan tembakau juga berkontribusi terhadap masalah ini. Pasien kanker yang menjalani terapi radiasi dapat mengalami mulut kering. Bahkan stres, diet, mendengkur, usia, dan perubahan hormon dapat berdampak pada napas Anda. Bau yang berasal dari bagian belakang lidah Anda mungkin mengindikasikan tetesan postnasal. Di sinilah sekresi lendir, yang berasal dari hidung dan bergerak ke tenggorokan, tersangkut di lidah dan menyebabkan bau.

Mengapa air liur begitu penting dalam perang melawan bau mulut?

Air liur adalah bahan utama dalam mulut Anda yang membantu menjaga aroma tetap terkendali karena membantu menghilangkan partikel makanan dan bakteri, penyebab utama bau mulut. Namun, ketika Anda tidur, kelenjar air liur memperlambat produksi air liur, memungkinkan bakteri tumbuh di dalam mulut. Untuk meringankan “mulut pagi,” sikat gigi dan makan makanan pagi. Mulut pagi juga dikaitkan dengan rasa lapar atau puasa. Berhati-hatilah, mereka yang melewatkan sarapan, karena baunya dapat muncul kembali walaupun Anda sudah menyikat gigi.

Apakah makanan tertentu menyebabkan bau mulut?;

Makanan yang sangat pedas, seperti bawang dan bawang putih, dan kopi dapat dideteksi pada napas seseorang hingga 72 jam setelah pencernaan. Bawang, misalnya, diserap oleh lambung, dan baunya kemudian dikeluarkan melalui paru-paru. Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa bawang putih yang digosokkan di telapak kaki dapat muncul saat bernafas.

Bagaimana cara mengontrol bau mulut?

Penting untuk mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat dan membersihkan gigi setidaknya dua kali sehari. Menyikat dengan benar, termasuk menyikat lidah, pipi dan atap mulut, akan menghilangkan bakteri dan partikel makanan. Flossing menghilangkan akumulasi bakteri, plak dan makanan yang mungkin terjebak di antara gigi. Untuk menghilangkan bau, bersihkan lidah Anda dengan sikat gigi atau pengikis lidah, alat plastik yang menghilangkan bakteri yang tumbuh di lidah. Mengunyah permen karet bebas gula juga dapat membantu mengendalikan bau. Jika Anda memiliki gigi palsu atau alat yang dapat dilepas, seperti retainer atau pelindung mulut, bersihkan alat secara menyeluruh sebelum memasukkannya kembali ke mulut Anda. Sebelum Anda menggunakan obat kumur, penghilang bau semprotan atau tablet, bicarakan dengan dokter gigi Anda, karena produk ini hanya menutupi bau sementara dan beberapa produk bekerja lebih baik daripada yang lain.

Apa peran dokter gigi saya?

Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur, karena pemeriksaan akan membantu mendeteksi masalah fisik apa pun. Pemeriksaan juga membantu menghilangkan plak dan bakteri yang menumpuk di gigi Anda. Jika Anda berpikir bahwa Anda menderita bau mulut, dokter gigi Anda dapat membantu menentukan sumbernya. Dia mungkin meminta Anda untuk membuat janji temu terpisah untuk menemukan sumber bau tersebut. Atau, jika dokter gigi Anda percaya bahwa masalahnya disebabkan dari sumber sistemik (internal), seperti infeksi, ia mungkin merujuk Anda ke dokter keluarga Anda atau spesialis untuk membantu memperbaiki penyebab masalah.

Diulas: Januari 2012

Tautan sumber

Buku Kesehatan Gigi Populer DokterGigiGAUL

Salam hangat,


DokterGigiGAUL

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Ebook dan Buku Penyakit Mulut

Nyeri Orofasial Pada Praktik Kedokteran Gigi
Pertanyaan Penting Yang Tidak Bisa Dijawab Dokter Gigi Kamu
Mitos dan Fakta Tumbuh Kembang Gigi Anak
4 Tepat 5 Sempurna
Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut
Gigi: Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
MagaHaya: Catatan Gigital DokterGigiGAUL

Klik pada cover buku untuk keterangan lebih lanjut

Katalog Buku Lengkap

Berikan donasi untuk biaya operasional dan pemeliharaan website?

[wpedon id=8889]

Terimakasih untuk bantuannya! :)

X
Pembelian