Virus Corona dan Kedokteran Gigi

Pandemi virus Corona sangat mempengaruhi segala aspek, diantaranya bidang kesehatan termasuk Kedokteran Gigi. Ketahui segala sesuatu mengenai virus Corona dan kaitannya dengan bidang Kedokteran Gigi
Katalog lengkap Ebook DokterGigiGAUL

Emang virus Corona ada hubungannya dengan Kedokteran Gigi? Nah, buat menjelaskan sekaligus mengklarifikasi kenapanya, DokterGigiGAUL turunkan tulisan ini.

Kemarin ada pasien ngehubungi dokergigigaul, ‘maksa’ buat ketemuan karena ada permasalahan dengan jaringan lunak rongga mulutnya. Sampe ngomong, “Dokter kok gak peduli banget. Mau ngeliat saya mati dalam kondisi penyakit begini?”

Sebelum mulai, buat kamu yang ngerasa perlu pencerahan mengenai virus Corona, bisa ditonton di video bagus berikut ini

Di video tersebut diterangkan dengan jelas banget sama Om Armando Hasudungan segala sesuatu hal mendasar mengenai virus Corona.

Bagaimana virus Corona berhubungan dengan Kedokteran Gigi?

Salah satu metode penyebaran virus Corona adalah melalui droplet atau percikan cairan tubuh. Droplet ini merupakan tempat yang baik untuk virus Corona bersemayam. Selama droplet tersebut belum terbersihkan atau terdesinfeksi dengan baik, virus Corona masih berpotensi melakukan penyebaran dan menginfeksi semua yang berkontak dengan droplet tersebut, di jaringan lunaknya.

Nah, cairan di tubuh itu kan salah satunya saliva atau air liur, yang notabene merupakan bagian dari rongga mulut, area kerjanya para dokter gigi. Selain itu, droplet ini bisa terpicu keluar dari tempatnya -rongga mulut- dan menclok ke jaringa lunak lain seperti mukosa mata, hidung dan atau mulut melalui tindakan yang melibatkan aerosol.

Dokter gigi merupakan profesi yang beresiko tinggi akan proses penularan virus Corona. karena tindakannya aerosol banget. Mulai dari penggunaan bor dengan semprotan air bertekanan tinggi, scaling elektrik dengan semburan air bertekanan tinggi ataupun saat polishing tambalan atau paska skeling. Hal ini yang mendorong terbitnya himbauan supaya dokter gigi menghentikan tindakan pergigiannya, kecuali kondisi gawat darurat.

Di postingan sebelumnya (baca disini) udah doktergigigaul kasih panduan tindakan kedokteran gigi yang bisa dilakukan – mulai dari dokter gigi umum hingga spesialis – selama masa pandemi Covid-19.

Dokter gigi gak praktek bukan gak peduli pasien, tapi sebaliknya, karena berusaha menempatkan pasien sebagai prioritas dalam hal kesehatan

Stay safe, salam sehat,

DokterGigiGAUL

Buku Kesehatan Gigi Populer DokterGigiGAUL

Salam hangat,


DokterGigiGAUL

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Ebook dan Buku Penyakit Mulut

MagaHaya: Catatan Gigital DokterGigiGAUL
4 Tepat 5 Sempurna
Gigi: Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut
Mitos dan Fakta Tumbuh Kembang Gigi Anak
Pertanyaan Penting Yang Tidak Bisa Dijawab Dokter Gigi Kamu
Nyeri Orofasial Pada Praktik Kedokteran Gigi

Klik pada cover buku untuk keterangan lebih lanjut

Katalog Buku Lengkap

Berikan donasi untuk biaya operasional dan pemeliharaan website?

[wpedon id=8889]

Terimakasih untuk bantuannya! :)

X
Pembelian