Kenapa Dokter Gigi MAHAL?

Doktergigi mahal disebabkan karena beberapa faktor. Apa aja? Ayo ketahui kenapa doktergigi mahal, dan bagaimana cara menghadapinya
Katalog lengkap Ebook DokterGigiGAUL

Banyak pasien dan kenalan Dokter Gigi Gaul yang ‘penasaran’ menanyakan, “Kenapa ya, biaya berobat ke Dokter Gigi tuh mahal?”.

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, akan Dokter Gigi Gaul coba untuk menjawab ‘sedikit’ pertanyaan tersebut. Sedikit aja dulu, kalo kebanyakan nanti bosen bacanya. 🙂

Baiklah, ini yang terjadi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan biaya berobat ke dokter gigi itu mahal, atau paling tidak, tidak semurah berkonsultasi ke dokter umum.

Yang tidak mungkin bisa dihindari adalah waktu.

Waktu yang dibutuhkan seorang calon dokter gigi sampai menjadi dokter gigi bukanlah waktu yang singkat. Jangka waktu yang diperlukan dokter gigi sedikit lebih lama daripada dokter umum.

Karena sebenarnya, dokter gigi adalah sebuah spesialisasi keahlian dari dokter umum.

Sudah menjadi pengetahuan umum, biaya berobat ke Spesialis, lebih mahal karena pengetahuan yang mereka miliki lebih spesifik dan terarah. Ruang lingkupnya memang menjadi lebih kecil, tetapi pelayanan yang diberikan menjadi maksimal, karena para spesialis ini, lebih memahami tentang bidang yang dispesialisasikannya.

Contoh lainnya, Spesialis Kandungan, atau Spesialis Anak. Pasien, akan lebih merasa puas mendapat penjelasan dari Spesialis.

Tetapi sayangnya belom banyak pasien yang memanfaatkan ‘keuntungan’ ini.

Mereka malah takut, semakin banyak dan semakin lama mereka berdiskusi dengan dokter spesialis, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Padahal, tidak sama sekali. Biaya yang dikeluarkan, sama dengan kepuasan yang didapat. Jadi, manfaatkan hal ini sebaik-baiknya.

Kemudian, waktu kerja.

Dokter gigi memerlukan waktu kerja yang lebih lama dibandingkan dokter umum.

Contoh kasus, waktu yang diperlukan untuk pencabutan satu gigi, lebih kurang 30-45 menit, dengan catatan tidak ada penyulit, seperti akar bengkok atau gigi terbenam. Pencabutan dengan penyulit bisa memakan waktu 1-2 jam mulai dari “pembukaan” sampai penutupan.

Bayangkan dokter umum, yang memerlukan waktu lebih kurang 10-20 menit untuk menangani 1 pasiennya. Itu berarti dokter gigi akan men’charge’ pasien 3-6 kali biaya berobat standar (ke dokter umum), untuk mengganti waktu yang terbuang tersebut.

Catatan: waktu kerja disini belum termasuk waktu interview/ anamnesa dengan pasien di awal datang..

Mungkin bila pencabutan gigi bisa memakan waktu yang lebih sedikit, maka biaya juga bisa dikurangi.

Kemudian kualitas.

Kualitas alat dan bahan sangat mempengaruhi biaya pengobatan.  Dokter akan menutupi biaya pembelian dan perawatan alat yang mahal melalui subsidi silangbiaya berobat pasien.

Secara teori, bila telah terjadi break even point, seharusnya biaya otomatis berkurang. Tetapi rata-rata saat mencapai BEP dokter gigi harus meremajakan alat tersebut.

Tapi gag mirip peremajaan angkot ya 🙂

Satu hal yang perlu digarisbawahi, dicetak tebal plus miring, LOKASI.

Kalau pasien cermat memperhatikan, ‘beberapa’ dokter gigi yang berpraktek di daerah segitiga emas akan memasang harga yang lebih mahal dibandingkan yang berpraktek di segitiga perak atau perrunggu.

Apalagi segitiga bermuda. 

Karena ada biaya sewa yang harus ditutupi.

Mungkin sebaiknya mulai berpikir untuk pergi ke dokter gigi di daerah pinggiran, kalau mencari biaya yang lebih murah.Walau tidak tertutup kemungkinan, biaya di segitiga perunggu mungkin sama atau lebih mahal dari segitiga emas, kalau didaerah tersebut, pasien tidak memiliki  alternatip.

Seperti daerah perbatasan yang jauh dari perkotaan. 

Selanjutnya, tapi bukan yang terakhir, ‘merek’ atau ‘ketenaran’.

Dokter Gigi yang telah dikenal, ‘biasanya’ akan memasang biaya yang mahal, karena mereka telah memiliki fans tetap.

Tapi tidak semua. Contohnya, Dokter Gigi Gaul, bila ada pasien yang menjadi fans tetap, akan diberikan diskon tertentu untuk menjaga ‘loyalitas’nya.

Semoga ini bisa menjadi bahan masukan dan pembelajaran yang bermanfaat untuk kenalan, sahabat dan kerabat dokter gigi gaul. Hal-hal lanjutan yang berhubungan dengan saran dan pertanyaan , akan segera dibahas atau ditambahkan secara seksama  dan dalam tempo waktu yang sesingkat-singkatnya.

Atas nama pemirsa blog doktergigigaul dan rakyat Indonesia,

Terima kasih.

sumber & gambar: internet

Buku Kesehatan Gigi Populer DokterGigiGAUL

Salam hangat,


DokterGigiGAUL

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Ebook dan Buku Penyakit Mulut

Mitos dan Fakta Tumbuh Kembang Gigi Anak
MagaHaya: Catatan Gigital DokterGigiGAUL
4 Tepat 5 Sempurna
Gigi: Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
Pertanyaan Penting Yang Tidak Bisa Dijawab Dokter Gigi Kamu
Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut
Nyeri Orofasial Pada Praktik Kedokteran Gigi

Klik pada cover buku untuk keterangan lebih lanjut

Katalog Buku Lengkap

Berikan donasi untuk biaya operasional dan pemeliharaan website?

[wpedon id=8889]

Terimakasih untuk bantuannya! :)

X
Pembelian