Kandidiasis Oral: Jamuran di Mulut

Katalog lengkap Ebook DokterGigiGAUL

Kandidiasis oral sering muncul tanpa disadari, baik oleh pasien maupun dokter gigi. Saatnya mengetahui apa, kenapa dan bagaimana seputar kandidiasis oral.


Okeh, yang pertama perlu dipastikan adalah jamuran disini bukan pakaian yang lagi dikeringin abis dicuci, tapi merupakan infeksi yang ditimbulkan oleh mikroorganisme jamur yang ada di rongga mulut. Okesip? Markilai. Mari kita mulai..

[toggle hide=”yes” title_open=”” title_closed=”Tampilkan lebih banyak” border=”yes” style=”white”]

 

[accordion clicktoclose=true scroll=true tag=h2]

[accordion-item title=”Definisi”]

Kandidiasis oral – yang diistilahkan juga dengan Kandidosis oral atau “Thrush” – adalah kondisi terjadinya akumulasi jamur Candida albicans pada jaringan lunak (mukosa) rongga mulut. Yes, mikroorganisme yang ada di rongga mulut gag cuman bakteri aja, tapi ada juga jamur, salah satunya jamur dari genus Candida.

Jamur dari genus Candida, sebenarnya adalah mikroorganisme yang normal dan bersifat komensal (baik) di rongga mulut, namun kadang-kadang jamur Candida dapat berkembang dalam jumlah yang sangat banyak, berubah sifat menjadi patogen (jahat) dan menimbulkan keluhan ketidaknyamanan.

Which is not good. Not good at all..

[/accordion-item]
[accordion-item title=”Mekanisme”]

Normalnya, sistem imun (pertahanan) tubuh menjaga keseimbangan antara populasi mikroorganisme baik dan buruk di tubuh, termasuk salah satunya daerah rongga mulut, sehingga tidak muncul masalah kesehatan di rongga mulut. Namun, beberapa penyakit dan pemakaian obat-obatan tertentu dapat menyebabkan sistem imun tidak dapat menjalankan tugas penjagaan tersebut dengan baik.

[/accordion-item]
[accordion-item title=”Penyebab”]

Penyakit-penyakit berikut dihubungkan sebagai faktor penyebab kandidiasis oral:

Diabetes mellitus

DM, termasuk penyakit-penyakit autoimun lainnya, berpotensi melemahkan sistem imun tubuh yang dapat menyebabkan Candida albicans bertambah jumlahnya dalam rongga mulut dan menyebabkan kandidiasis oral.

Kanker

Kanker, – selain penyakitnya sendiri -dapat menyebabkan sistem imun melemah akibat terapi radiasi atau kemoterapi yang dijalani.

AIDS

HIV penyebab AIDS menghancurkan sel pertahanan tubuh, yang menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi oportunistik, suatu infeksi yang umumnya dapat ditolak oleh tubuh dengan sistem pertahanan tubuh yang normal. Salah satu infeksi oportunistik? Kandidiasis oral!

Untuk bahasan penyebab lebih lengkap, pleus faktor resiko, bisa meluncur ke artikel ini

[/accordion-item]
[accordion-item title=”Tanda/ Gejala”]

Kandidiasis oral muncul sebagai lesi atau kelainan menyerupai krim susu berwarna putih (lihat gambar), yang umumnya mengenai lidah dan pipi bagian dalam. Terkadang, kandidiasis oral dapat menyebar ke langit-langit mulut, gusi atau tonsil bahkan hingga ke kerongkongan.

kandidiasis oral

Kandidiasis Oral

Meskipun kandidiasis oral dapat terjadi pada semua orang, namun bayi dan orang usia lanjut (extreme of age) lebih sering mengalami kandidiasis oral. Selain itu, kandidiasis oral juga umum terjadi pada orang-orang dengan sistem imun tubuh yang melemah (akibat penyakit sistemik). Pada awalnya, kandidiasis oral tidak menimbulkan gejala khas. Namun ada beberapa kondisi atau keadaan di rongga mulut yang dapat dicurigai sebagai tanda awal adanya kandidiasis pada rongga mulut, yang merupakan pertanda kalo kamu sebaiknya segera menemui dokter gigi. Kondisi tersebut diantaranya, adalah:

  • Adanya selaput putih – menyerupai krim susu – pada lidah, pipi terkadang pada langit-langit mulut, gusi ataupun tonsil.
  • Adanya daerah kemerahan yang dapat menjadi cukup parah hingga menimbulkan keluhan saat makan maupun menelan.
  • Terdapat perdarahan pada saat selaput putih yang ada, dikerok atau digosok dengan sikat gigi.
  • Kehilangan rasa saat makan

Pada kondisi kandidiasis oral yang parah, selaput putih dapat menyebar hingga kerongkongan dan menyebabkan kesulitan atau rasa tidak nyaman saat menelan.

[/accordion-item]
[accordion-item title=”Tatalaksana”]

Segera temui dokter gigi terdekat kalau kamu merasakan keadaan-keadaan tersebut diatas. Semakin cepat menemui doktergigi, semakin kecil kemungkinan kandidiasis oral akan bertambah parah.

[/accordion-item]
[accordion-item title=”Pencegahan”]

Sebagai penutup, doktergigigaul bakal ngasih beberapa tips mengenai tindakan apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kandidiasis oral:

Bersihkan gigi dan mulut.

Ingat gag cuman gigi tapi juga mulut. Terutama lidah dan pipi sebagai tempat yang paling sering terkena kandidiasis oral. Caranya? Gampang! Bersihin lidah make sikat gigi dengan cara menarik sikat gigi di lidah dari arah belakang ke depan beberapa kali. Sedangkan untuk pembersihan pipi, cukup dengan berkumur kumur, minimal selama 30 detik setelah selesai menyikat gigi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati..

[/accordion-item]
[/accordion]

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

[/toggle]

Buku Kesehatan Gigi Populer DokterGigiGAUL

Salam hangat,


DokterGigiGAUL

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Ebook dan Buku Penyakit Mulut

Gigi: Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut
MagaHaya: Catatan Gigital DokterGigiGAUL
4 Tepat 5 Sempurna
Pertanyaan Penting Yang Tidak Bisa Dijawab Dokter Gigi Kamu
Mitos dan Fakta Tumbuh Kembang Gigi Anak
Nyeri Orofasial Pada Praktik Kedokteran Gigi

Klik pada cover buku untuk keterangan lebih lanjut

Katalog Buku Lengkap

Berikan donasi untuk biaya operasional dan pemeliharaan website?

[wpedon id=8889]

Terimakasih untuk bantuannya! :)

X
Pembelian