Daur Ulang Sikat Gigimu, Yuk!

Ada sikat gigi yang udah mulai rusak bulunya dan telah menyiapkan penggantinya? Jangan langsung dimasukkin ke tempat sampah dulu. Ada alternatif daur ulang sikat gigi yang bisa kamu cobain!
Katalog lengkap Ebook DokterGigiGAUL

Berapa kali dalam setahun sebaiknya sikat gigi tuh diganti? Tahu gag kalo bulu sikat gigi umumnya akan mulai rusak dalam pemakaian 3-4 bulan-an. Jadi, 3 atau 4 kali adalah jumlah pergantian  yang disarankan. Bisa lebih, gag boleh kurang.

Kalo coba dihitung secara sederhana, mengikuti anjuran yang ada, dengan jumlah anggota keluarga dirumah kamu ada 4-5 orang, itu berarti, setiap tahunnya, ada sekitar 12-20 sikat gigi bekas siap jadi sampah. Dikali jumlah keluarga yang ada di Indonesia?

Yassalam..

Plastik merupakan bahan yang paling sulit diurai oleh alam. Kantong plastik aja, diurai oleh alam dalam waktu belasan tahun. Apa kabarnya sikat gigi plastik, yang notabene konsistensinya lebih keras?

Kantong plastik akan diurai oleh alam dalam waktu 10-12 tahun

Saatnya mengambil tindakan nyata. Ada banyak alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi masalah sampah plastik dari sikat gigi bekas.Udah tahu belom apaan aja?

[toggle hide=”yes” title_open=”” title_closed=”Tampilkan lebih banyak” border=”yes” style=”white”]
[accordion openfirst=true clicktoclose=true scroll=true tag=h2]
[accordion-item title=”Kurangi Pemakaian (Reduce)”]

Kurangi pemakaian sikat gigi, bukan berarti jadi jarang nyikat gigi. Tetapi kurangi jumlah signifikan penggunaan sikat gigi terutama yang berbahan plastik. Misalnya, kamu bisa menggunakan sikat gigi berbahan biodegradable, atau lebih mudah diuraikan alam seperti bambu.

6fce0f5339fb3ad8f50900413b28cd5f

Atau kamu bisa menggunakan alternatif alat pembersih gigi seperti siwak.

siwak
[/accordion-item]
[accordion-item title=”Daur Ulang (Recycle)”]

Kalo ada tempat daur ulang dikotamu, kamu bisa coba menyerahkan sikat gigi bekas kamu untuk didaur ulang. Tadaa, kamu secara langsung udah  mengurangi jumlah limbah plastik secara signifikan.
[/accordion-item]
[accordion-item title=”Pakai Ulang (Reuse)”]

Ada sikat gigi yang udah mulai rusak bulunya dan telah menyiapkan penggantinya? Jangan langsung dimasukkin ke tempat sampah dulu. Coba dipikir-pikir ada gag kegunaan sekunder yang bisa dimanfaatkan dari sikat gigi bekas tersebut.

Misalnya dipake buat mbersihin daerah yang sulit dibersihin di motor waktu lagi dicuci. Atau buat alat bantu ngebersihin kamar mandi, dinding dapur yang terbuat dari tegel, mungkin? Kalo udah bener bener gag bisa dipake lagi, kamu dapat mempertimbangkan alternatif berikut.

Gelang sikat gigi

toothbrush-bracelets-kaboose-craft-photo-475x357-fs-img-0094_476x357-e1356131666274

Bentuk gelang  sikat gigi bekas ini bisa dibilang unik. Cara bikinnya juga gag terlalu rumit. Penasaran? Tenang, Doktergigigaul udah nyiapin petunjuk bikinnya berikut ini.

toothbrush-bracelet-info-graphic_11x17

 

Kabarnya dari beberapa info yang dikumpulkan, kesulitan yang paling terasa adalah saat mengeluarkan sikat gigi yang telah lunak direbus menggunakan penjepit (tongs), karena akan meninggalkan bekas. Alternatifnya, kalo kamu punya, bisa menggunakan microwave oven. Suhunya 290 derajat Celcius selama 5 menit.

Kalo kamu rasa gambarnya urang jelas kamu bisa ngedown-load petunjuknya dalam bentuk file pdf, *klik*disini*klik*
[/accordion-item]
[/accordion]

Gimana, tertarik ngedaur ulang sikat gigi kamu? Kalau ada yang mau ditanyakan, kamu bisa ngehubungin dokter gigi gaul via e-mail atau interaksi live via sosial social media favorit kamu.

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

[/toggle]

Buku Kesehatan Gigi Populer DokterGigiGAUL

Salam hangat,


DokterGigiGAUL

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Ebook dan Buku Penyakit Mulut

4 Tepat 5 Sempurna
Nyeri Orofasial Pada Praktik Kedokteran Gigi
Pertanyaan Penting Yang Tidak Bisa Dijawab Dokter Gigi Kamu
Mitos dan Fakta Tumbuh Kembang Gigi Anak
Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut
Gigi: Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
MagaHaya: Catatan Gigital DokterGigiGAUL

Klik pada cover buku untuk keterangan lebih lanjut

Katalog Buku Lengkap

Berikan donasi untuk biaya operasional dan pemeliharaan website?

[wpedon id=8889]

Terimakasih untuk bantuannya! :)

X
Pembelian