7 Tips Cara Mengatasi ‘Takut Dokter Gigi’

Kunjungan ke dokter gigi gag akan bisa selalu dihindari. Alih-alih menghindari coba trik dan tips yang doktergigigaul berikan berikut ini untuk mengatasi takut dokter gigi yang mungkin kamu alami
Katalog lengkap Ebook DokterGigiGAUL

Takut ke Dokter Gigi untuk ngeberesin masalah kesehatan gigi dan mulut yang kamu punyai? Kabar baiknya, kamu gag sendirian! 80% masyarakat mengalami ketakutan untuk berurusan dengan dokter gigi.

Kalo ada 10 orang dijejerin secara acak, 8 diantaranya mengalami ‘takut dokter gigi’!

Kabar baik buat kamu, kabar buruk buat doktergigigaul..

Hegh..

Takut ke doktergigi ini bervariasi istilahnya, mulai dari dental fear hingga dental fobia. Kalau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai istilah dental fobia dan kawan-kawannya, kamu bisa dapetin info lebih lengkapnya di buku doktergigigaul yang ini. Pada kesempatan kali ini doktergigigaul bakalan fokus sama cara penanganan dental fobia-nya.

Kunjungan ke dokter gigi gag akan bisa selalu dihindari. Alih-alih menghindari coba tips yang doktergigigaul berikan berikut ini untuk mengatasi takut dokter gigi yang mungkin kamu alami

Tips 1: Referensi, referensi, referensi!

Menemukan dokter gigi yang ‘baik’ berdasarkan referensi dari teman atau keluarga, berperan besar dalam menentukan kadar ketakutan yang akan kamu alami. Membangun kepercayaan adalah kata kuncinya. Jangan ragu bertanya mengenai referensi dokter gigi yang disarankan oleh kerabat. Kalau perlu cari 2-4 lebih referensi kalau dianggap perlu.

Asal jangan terlalu lama sibuk mencari referensi, malah masalah kesehatan gigi yang kamu derita semakin bertambah parah!

Tips 2: Memanipulasi sugesti

Sugesti mungkin terlihat atau terkesan sepele atau kadang dianggap tidak banyak berkontribusi dalam mengatasi takut dokter gigi yang kamu alami. Eits, jangan salah! Memanipulasi sugesti dengan baik -seperti misalnya: meyakinkan diri kamu bahwa suntikan dan bor dokter gigi tidak menyakitkan, banyak manfaat yang didapat dengan melakukan perawatan gigi – dapat mengurangi takut dokter gigi dengan cukup baik.

Setidaknya, berdasarkan laporan pasien yang doktergigigaul terima sejauh ini, ya..

Tips 3: Atur waktu

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa berkunjung ke dokter gigi pada pagi hari dapat mengurangi rasa takut yang mungkin ada. Soalnya, pada saat pagi hari tubuh masih merasa segar dan siap dalam menghadapi  segala kemungkinan -baik hingga buruk- dibandingkan pada saat sore atau malam hari, dimana kondisi tubuh berada dalam posisi menolak hal hal yang bersifat negatif

Bawaannya pengen istirahat dengan tenang, aja. Males berurusan dengan hal yang berbau ‘sakit’ atau menyakitkan..

Tips 4: Lihat, ada anak kucing unyu!

Alihkan perhatian kamu dari kegiatan yang doktergigi lakukan sebelum dan selama perawatan kesehatan gigimu. Kamu bisa membawa buku menarik untuk dibaca selama menunggu antrian, misalnya. Atau coba mendengarkan musik selama perawatan gigi kamu dilakukan.

Tapi, pastikan doktergigi kamu gag merasa keberatan dengan hal permusikan tersebut..

Tips 5: Rileks

Hampir mirip dengan mengalihkan perhatian, rileksasi bisa mengurangi takut dokter gigi yang ada. Ambil napas panjang dan keluarkan dengan perlahan. Hal tersebut bisa membantu mengatur dan menenangkan denyut jantung yang berdetak cepat. Dan konon kabarnya, menggoyang-goyangkan telapak kaki bisa jadi sarana rileks dan pengalih perhatian yang baik.

Tips 6: Orang ketiga

Bukan pelakor, alias penonton telenovela korea, tapi lebih ke teman. Membawa teman saat perawatan merupakan salah satu trik yang juga bisa dicoba. Secara psikologis, kamu akan merasa tenang bahwa akan ada seseorang yang kamu percaya, akan menyediakan segala bantuan yang kamu perlukan saat keadaan ‘memburuk’.

Tips 7: Kamu layak dapat bintang!

Berhasil menghadapi ketakutan yang ada dan akhirnya mau menyelesaikan atau minimal memulai perawatan? Katakan pada diri kamu sendiri kalau kamu LUAR BIASA! Rayakan dengan mentraktir dirimu sendiri. Makan atau nonton bioskop. Berikan penghargaan ‘personal’ atas prestasi yang kamu capai tersebut.

Asal jangan sambil ngobrol dengan diri kamu sendiri di tempat makan atau bioskop yang kamu jaddikan tempat perayaan aja.

Semoga bisa membantu, ya. Selamat menerapkan dan selamat mengatasi ketakutan dokter gigi!

Salam hangat..

DokterGigiGAUL

Buku Kesehatan Gigi Populer DokterGigiGAUL

Salam hangat,


DokterGigiGAUL

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Ebook dan Buku Penyakit Mulut

MagaHaya: Catatan Gigital DokterGigiGAUL
Nyeri Orofasial Pada Praktik Kedokteran Gigi
Pertanyaan Penting Yang Tidak Bisa Dijawab Dokter Gigi Kamu
4 Tepat 5 Sempurna
Mitos dan Fakta Tumbuh Kembang Gigi Anak
Gigi: Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut

Klik pada cover buku untuk keterangan lebih lanjut

Katalog Buku Lengkap

Berikan donasi untuk biaya operasional dan pemeliharaan website?

[wpedon id=8889]

Terimakasih untuk bantuannya! :)

X
Pembelian