Kapan Sih Baiknya, Anak Ke Dokter Gigi?

ped_dentist

Gigi susu merupakan aset yang sangat berharga. Gigi susu yang kurang baik bisa mengarah ke gigi permanen yang kurang baik juga. Karena itu udah semestinya dijaga dengan hati, dijaga dengan hati hati hati. Salah satu caranya dengan membawa anak ke dokter gigi sesegera mungkin.

Kapan sebaiknya anak datang ke dokter gigi? Jawaban idealnya, sesegera mungkin! Menurut doktergigigaul pribadi setelah membaca beberapa literatur yang ada, kunjungan pertama anak ke dokter gigi sebaiknya dilakukan sebelum usianya 1 tahun.

Aturan baku yang ada sebenernya 6 bulan setelah gigi pertama erupsi (nongol) di mulut. Karena gigi susu pertama umumnya erupsi di usia 5-6 bulan, makanya secara umum usia sebelum 1 tahun jadi patokan.

Sebelum ngerayain ulang tahun pertamanya anak udah dibawa ke dokter gigi.

Semakin dini kunjungan dilakukan semakin kecil kemungkinan gigi susu anak akan bermasalah, soalnya doktergigi akan memberikan tindakan, tips dan trik yang mumpuni.

Pokoknya begitu gigi keluar dari gusi, penyakit karies gigi bisa segera mengenai.

Selain dikasi tindakan tips dan trik oleh dokter gigi, kunjungan dini ke dokter gigi bisa mebuat anak jadi terbiasa dengan suasana pergigian dan menghindari ‘fobia’ ke dokter gigi pas udah gedenya nanti.

 

 

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Sebisa mungkin hindari adanya tindakan di kunjungan awal ke dokter gigi. Umumnya doktergigi akan melakukan hal ini, tapi biasanya orangtua yang akan protes. ‘Anak gw gag diapa-apain, tapi tetep bayar. Rugi amat’. Padahal tujuan pertemuan-tanpa tindakan adalah mengurangi stres pada anak dan membangun kepercayaan.

2. Jadwalkan pertemuan pertama dengan doktergigi di pagi hari. Anak masih berada dalam keadaan segar. Kalo sore ato malam biasanya anak udah kecapekan main, udah ngantuk dan ujungnya jadi rewel. Tar proses ‘perkenalan dengan dokter gigi bisa gatot. Gagal total

3. Jangan biarkan anak ditaro sendirian di kursi gigi. Pangku dan dampingi anak. Gag usah bapak ibunya sekaligus yang mangku dan nemenin. Salah satu aja udah cukup.

Selanjutnya lakukan kontrol rutin tiap 4-6 bulan sekali ke doktergigi. Usaha berkelanjutan, gigi anak sehat, gigi anak kuat.

Happy dentist visiting!

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

Source link

, , , , , ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes