Toilet dan Sikat Gigi

slide_333157_3321098_free

Tahu gak kalo sikat gigi gak boleh ditaro sembarangan di kamar mandi? Salah taro, gak cuman kesehatan gigi tapi kesehatan gigi dan mulut kamu bisa bermasalah.

Toilet bisa dianggap sebagai salah satu tempat yang paling berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Gimana enggak, jutaan bakteri, dari bermacam jenis (mungkin) ada di toilet. Udah bakterinya banyak, proses perpindahan bakteri dari toilet ke berbagai benda juga gampang banget, diperantarai percikan air dan pelepasan substansi kimia via udara. Tubuh kamu, handuk sampai sikat gigi berpotensi besar terpapar ‘transferan’ kuman bakteri tersebut.

Tubuh sih, ada pelindung terhadap serangan bakteri yang mungkin ada. Tentara-tentara sistem pertahanan tubuh umumnya siap bertugas menjalankan perlindungan terhadap tubuh. Yang jadi masalah, apa kabarnya kalo sikat gigi yang diserang bakteri tersebut?

Gimana caranya bakteri bisa berkontak dengan sikat gigi?

Jadi begini ceritanya. Menurut penelitian di Harvard, partikel kimia dan biologis dari toilet bisa menyebar hingga radius jarak 1,5 meter. Jadi seluruh benda dalam radius ‘tembake tersebut bisa terkena partikel kmia dan biologis toilet yang ada.

Nah, kalo kamu naro sikat gigi kamu di jarak 1,5 meter dan berpikir gak ada masalah yang timbul.. well, think again!

Tetapi, ada poin tertentu yang harus dipenuhi. Gak mentah-mentah kejadian ini bersifat pasti. Diantara poin tersebut, WC gak berada dalam keadaan tertutup. Atau sikat gigi berada dalam keadaan lembab dan kotor yang mendukung bakteri untuk bertahan hidup. Kalo satu atau lebih poin yang ada gak terpenuhi, kemungkinan buruk yang ada bisa terminimalisir, kok

Partikel kimia dan biologis toilet dapat menyebar dalam radius 1,5 meter

Kalau jarak sikat gigi-WC dalam jarak (tembak) 1,5 meter, sikat bisa jadi sarang (kuman) penyakit. Terus, dimasukin mulut, gitu? Hiiy!

Buat tindakan pencegahan. Kalo gak mungkin ngejarakin sikat gigi-WC 1,5 meter, biasain nutup WC, saat dan setelah atau lagi gag dipakai. Jangan lupa, untuk rutin juga ganti sikat gigi per 2-3 bulan kalo jarak sikat gigi-WC kamu terlalu dekat

Siap mengurangi masalah kesehatan gigi dan mulut kamu?

Salam hangat,

DokterGigiGAUL (@DokterGigiGAUL)

, , , , , ,

Masalah kesehatan mulut gak cuman tentang gigi doang -DokterGigiGAUL

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes