Tag Archives | Tak terkategori

Membersihkan Plak Tanpa Ke Dokter Gigi

Hmm.. Lagi jalan-jalan di dunia maya, mencari informasi terhangat yang perlu dikumpukan untuk dibagikan kepada pemirsah, tiba-tiba tersangkut pada sebuah situs dari harian di pulau Kalimantan. Ternyata harian ini menyediakan sebuah forum konsultasi kesehatan gigi yang diasuh seorang dokter gigi.

Dokter Gigi Gaul seneng banget ngeliat hal ini. Ada alternatif untuk berbagi ilmu  tentang kedokteran gigi bagi yang membutuhkan. 😀

Tapi Dokter Gigi Gaul sedikit tergelitik membaca hasil Pertanyaan dan Jawaban yang ada di “kolom” tersebut.

Tanpa direkayasa, kecuali format tampilan dan identitas pribadi, agar lebih menyatu dengan blog ajaib ini dan etika sejawat serta pers, bisa disimak forum tanya jawab yang ada berikut ini: 

Bisakah Jigong Dibersihkan Sendiri Tanpa ke Dokter Gigi? 

Tanya:

Dok, bagaimana cara membersihkan plak gigi tanpa harus berobat ke Dokter? Apa saja yang harus dilakukan? Terimakasih.

Sxxxxx (Pria Lajang, 20 Tahun), xxxxx.xxxxxxx@gmail.com,Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban:

Plak atau jigong (kotoran) yang sudah mengeras tidak bisa dibersihkan dengan pasta gigi biasa atau obat kumur. Tetapi plak yang sudah mengeras harus dibersihkan oleh dokter gigi dengan alat khusus (scaler) karena tingkat kekerasan plak yang sudah sangat menempel. Tapi proses itu tidak sakit, jadi Bapak tidak perlu khawatir atau takut untuk datang membersihkan gigi ke dokter gigi

?Lho?

Entah, apa perasaan Dokter Gigi Gaul aja, atau emang jawaban yang diberikan sedikit meleset dari harapan sang penanya. Yang doktergigigaul tangkap, si penanya berusaha nyari informasi “Apa yang harus dia lakukan untuk membersihkan plak gigi (tanpa harus berobat ke dokter)”, tapi kok jawabannya langsung mengenai scaling ya?

Membingungkan. 🙁

Tapi kalo doktergigigaul yang dokter gigi aja bingung, gimana nasib si penanya ya? 😡

Heu, maaf, bukan untuk mendiskreditkan sesuatu apapun, atau bahkan seseorang. Tetapi, sedikit membantu mengingatkan sejawat, untuk selalu bisa memberikan informasi yang singkat dan tepat guna kepada pasien.

 Sebab informasi yang rancu bisa menyebabkan 2 hal:

  • Pasien kehilangan “hak”nya untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan, khususnya gigi dan mulut.
  • Dokter gigi melupakan “kewajiban” untuk membuat ilmu yang dia miliki supaya dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Plak, selama belum mengeras, masih bisa dibersihkan, dan memang tidak harus berobat ke dokter gigi. Menyikat gigi secara teratur dan tepat, bisa menjadi salah satu cara membersihkan plak. Bahkan plak bisa dibersihkan dengan mengerok gigi, menggunakan kuku.

Tidak ada istilah “plak yang mengeras”. Sisa makanan yang tertempel pada plak-lah yang menjadi “keras”. Coba cari dan baca artikel mengenai plak di situs ini melalui kotak pencarian untuk lebih jelasnya

Kalau ada yang merasa ter’dzalimi’, mohon maaf, Dokter Gigi Gaul sama sekali gak ada maksud begitu.

Kalau ada yang merasa ingin diomongin, karena artikel ini juga ngawur, bisa diskusi lewat kolom komentar. Mudah-mudahan bisa dilayani dengan senang hati, tanpa ada yang sakit hati 😀

Terima kasih..

 Salam hangat

Baca artikel ini

Lipstik Bisa Merusak [Email] Gigi?

Sebagian besar perempuan moderen akan menggunakan lipstik secara teratur dan hampir setiap hari. Tapi tanpa disadari beberapa jenis lipstik bisa berbahaya bagi kesehatan giginya.

Peneliti dari University of Sao Paulo, Brazil menemukan dampak buruk lipstik bagi kesehatan. Peneliti menemukan beberapa lipstik mengandung parafin, yaitu salah satu zat yang bisa merusak enamel gigi.

 “Beberapa produk kecantikan memang menggunakan parafin dalam jumlah sedikit.” ujar ketua kelompok penelitian, Antonio Habier, seperti dikutip dari GeniusBeauty “Tapi jika produk ini digunakan secara teratur maka bisa menyebabkan karies gigi (keropos gigi)”

Parafin yang melekat pada permukaan gigi akan membuat partikel-pertikel kecil dari makanan melekat dengan mudah. Kondisi ini menciptakan tempat perkembangbiakan yang baik bagi reproduksi bakteri menular.

Penggunaan lipstik secara teratur bisa menimbulkan infeksi yang membuat retakan kecil atau membentuk rongga di enamel gigi.

Dalam studi ini, peneliti melakukan pengujian terhadap 10 merek lipstik yang cukup populer. Ternyata didapatkan sebagian dari produk tersebut bisa menyebabkan peningkatan risiko wabah penyakit gigi dan masalah gigi lainnya.

Antonio Habier menuturkan jika lipstik tersebut digunakan setiap hari atau secara teratur, maka masalah yang timbul pada gigi akan muncul dalam waktu 2-3 bulan.

[bctt tweet=”Penggunaan lipstik teratur dapat menyebabkan kerusakan gigi dalam jangka waktu 2-3 bulan” username=””]

Diperkirakan rata-rata perempuan yang secara teratur menggunakan krim, maskara, lipstik dan produk kosmetik lainnya akan menerima hingga 2 kilogram senyawa kimia berbahaya.

Untuk menghindari dampak negatif yang mungkin timbul dari penggunaan kosmetik ini, spesialis gigi dari Brazil berencana untuk membuat semprotan khusus yang mampu melindungi enamel gigi dari parafin dan bakteri patogen.

Selain itu para ahli juga merekomendasikan agar para perempuan memberikan perlindungan yang lebih pada kesehatan giginya, serta memperhatikan dengan seksama bahan kandungan dari kosmetik yang digunakannya.

sumber: internet

Baca artikel ini

6 Penyebab Gigi Berwarna “Kuning”

Gigi berwarna kuning, tidak selamanya merupakan akibat dari jarang menggosok gigi. Tetapi bisa jadi warna “kuning” tersebut memang warna alami gigi kamu.

Meskipun bisa jadi, warna kekuningan gigi kamu adalah hasil dari beberapa faktor yang selama ini tidak atau kurang kamu sadari.

Gigi berwarna “kuning” atau “kekuningan” dapat disebabkan beberapa faktor, diantaranya:

1. Faktor Natural atau Alami

Tidak semua orang beruntung memiliki gigi yang mendekati warna putih. Karena ada beberapa orang yang memiliki warna “kekuningan”.

Sebenarnya sebagian besar dari permukaan terluar gigi (enamel) manusia berwarna putih. Namun, lapisan di bawahnya yang disebut dentin secara alami berwarna kuning.

Dalam beberapa kondisi, lapisan paling luar (enamel) yang tidak mengalami mineralisasi secara baik menyebabkan warna email menjadi kurang “tebal” (jelas). Hal ini membuat warna dentin yang (kuning) lebih jelas sehingga tampaklah gigi tersebut berwarna “kuning”

Kamu tidak dapat mengubah warna gigi alam ini, kecuali  menggunakan metode pemutihan gigi secara profesional oleh dokter gigi.

2. Kebersihan Gigi dan Mulut

Kamu dapat mengatakan “gigi kuning dapat menyebabkan berbagai macam masalah” tetapi kebersihan gigi dan mulut yang buruk selalu menyebabkan gigi berwarna kuning (bersama dengan sejumlah masalah gigi dan mulut lainnya)

[bctt tweet=”Kebersihan gigi dan mulut yang buruk adalah penyebab utama gigi yang berwarna kuning.” username=””]

3. Faktor Makanan/ Minuman

Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat bertanggung jawab atas terjadinya perubahan warna pada gigi. Makanan seperti teh, kopi, dan soda mempunyai efek “mewarnai” gigi

4. Waktu

Kamu harus menerima kenyataan bahwa “kuning”nya gigi adalah bagian dari berjalannya waktu [baca: terjadinya penuaan]. Namun sebaiknya kamu juga berhati-hati  dalam menjaga kebersihan.

Selama jangka waktu tertentu agen stain (bahan yang melekat pada permukaan gigi) dapat menimbulkan warna kuning pada gigi kamu. Semakin banyak agen stain yang melekat pada permukaan terluar (email) gigi kamu, maka akan menutupi warna putih (email) gigi kamu dan akhirnya warna kuning gigi akan terlihat.

5. Pengaruh Obat

Beberapa pengobatan yang kurang tepat atau “terpaksa” dilakukan pada waktu kamu masih kecil bisa menyebabkan perubahan warna gigi dari putih.  Tetrasiklin adalah obat yang bertanggungjawab atas perubahan warna gigi kamu. Dan ada beberapa obat lain yang dapat dimintai pertanggungjawabannya.

6. Kebiasaan Buruk

Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya deposit atau akumulasi nikotin pada gigi.

Salam hangat

sumber: internet

Baca artikel ini

Berhenti Memakai Tusuk Gigi

     Masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan TUSUK GIGI sebagai alat bantu untuk “membersihkan” gigi mereka. Padahal banyak hal negatif yang ditimbulkan alat yang satu ini..

     Tusuk gigi yang sejatinya dari kayu atau bambu telah mengalami banyak modifikasi. Batang korek api, ranting pohon sampai peniti telah menggantikan fungsinya disaat benda ini tidak tersedia.

tusuk gigi

 

Efek yang terasa mungkin gigi menjadi nyaman dan bersih, karena sisa makanan yang sebelumnya ada “menghilang” terangkat oleh benda ini.

     Tapi dibalik fungsinya yang “membersihkan” ada hal [negatif] lain yang belum banyak diketahui masyarakat.

Tusuk gigi dipakai dengan cara mencolok/ menusuk dan mengungkit. 

     Gerakan menusuk atau mencolok tusuk gigi ini dapat mengganggu jaringan pendukung gigi. Jaringan pendukung gigi [baca: jaringan periodontal] adalah jaringan disekitar gigi yang berfungsi menahan gigi pada tempatnya [baca: soket].

     Gerakan menusuk tersebut menimbulkan trauma pada jaringan periodontal, yang mengakibatkannya mengalami peradangan.

Bila jaringan pendukung gigi ini rusak maka dapat dipastikan gigi lama-lama akan “goyah” karena tidak ada lagi yang mendukungnya.

     Dan kerusakan jaringan periodontal merupakan salah satu penyebab timbulnya Bau Mulut

Kemudian gerakan mengungkit.

     Gerakan mengungkit yang kita lakukan dapat menyebabkan gigi bergeser dari tempatnya. Apabila ada ruang kosong di salah satu sisi gigi yang diungkit, maka akan tercipta jarak antara gigi.

     Apabila tidak ada ruangan kosong, maka gigi yang diungkit akan mengalami pergeseran tempat. “Pergeseran” gigi akan menyebabkan gigitan gigi atas dan bawah berubah.

Bila gigitan [baca: oklusi] gigi berubah, maka akan timbul keluhan di sendi rahang. Keluhan yang umumnya nyeri atau sakit ini akan timbul pada saat kita membuka dan atau menutup mulut. Saat makan dan bicara hingga menguap.

     Jadi sebisa mungkin, jaga keadaan gigi kita supaya tetap “baik”, dengan menghindari kebiasaan buruk penggunaan tusuk gigi dari sekarang. Alternatif dari penggunaan tusuk gigi adalah menggunakan dental floss [benang gigi].

     Berhenti menggunakan tusuk gigi dari sekarang! Ciptakan keadaan mulut bebas masalah!

Salam MagaHaya!
sumber: internet
Baca artikel ini

The Power of Komposit – Tambalan yang Menakjubkan di Tangan yang Tepat

Dari dulu dikasih cerita banyak, gambarnya dikit. Sekarang dikasi cerita banyak, gambarnya dikit banyak. Soal penambalan.

     Masih banyak yang ragu apakah gigi depan yang bolong atau berjeda atau patah karena jatuh, terbentur dan lain sebagainya akan bagus kalo ditambal. Bukan dicabut aja sekalian dan diganti gigi palsu.

     Berikut adalah contoh pasien dengan keadaan gigi berjarak, yang dalam dunia pergigian kita istilahkan dengan diastema.

     Pasien dateng ke praktek #doktergigigaul dengan keluhan ada jarak diantara kedua giginya, yang dirasa sangat mengganggu penampilannya.

     Perempuan, masih muda. Namanya sebut aja Sape’i.

     Dan sebut saja, ini kondisi mulutnya [enggak ding, ini beneran kondisi gigi dan mulutnya]

     Selain itu ada gigi atas kanannya yang lebih kecil dari ukuran normal. Di dunia pergigian Hogwartz keadaan ini disebut peg-shaped tooth [gigi bentuk pasak]

     Sape’i pernah konsultasi ke tukang gigi deket rumahnya dan disaranin untuk menutup celah tersebut dengan gigi “tambahan”. Gigi yang gak perlu ada, mau diadakan oleh si tukang gigi tersebut.

Selain itu gigi yang kecil di”saran”kan untuk dicabut dan diganti gigi palsu.

Kalu aja nasibnya gak baek, ketemu sama #doktergigigaul, maka akan bertambah satu orang “ompong” korban tukang gigi.

     Sebenernya kasus diatas bisa diselesaikan dengan penambalan [yang sama sekali gak sama dengan penambalan ban] menggunakan bahan yang namanya KOMPOSIT. Penjelasan mengenai komposit akan dibahas di lain artikel yaw.

     Intinya ini bahan tambal yang warnanya hampir menyerupai gigi. Dan sangat ideal untuk memperbaiki penampilan pada kerusakan gigi depan.

Beberapa tukang gigi menggunakan bahan ini. Tetapi kurangnya pengetahuan menyeluruh, menyebabkan hasilnya kurang maksimal. 3 hari pasca penambalan, lepas, ditambal ulang, 2 hari lepas.

     Nah, #doktergigigaul memakai bahan tambal komposit ini untuk mempercantik gigi, dan pada akhirnya, senyum si Sape’i.

Baiklah, #doktergigigaul mulai.

     Pada gigi yang kecil dilakukan penambalan ulang menyerupai gigi asli, baik, bentuk ukuran dan warna. Ukuran, bentuk ini didapat dari gigi pasangannya yang normal di sebelah kiri-nya Sape’i. [kalo di gambar, berarti sebelah kanan kita yang baca] — lihat gambar sebelumnya.

     Sehingga hasilnya menjadi seperti ini

      Dan untuk gigi depan #doktergigigaul tambal dengan rincian prosedur sebagai berikut.

     Jumlah ruangan yang ada, misalnya 2cm, dibagi 2. Sebagai panduan, bahwa hanya akan dilakukan penambalan sebesar 1 cm untuk gigi kiri, dan 1 cm untuk gigi kanan sehingga besar gigi tetap proporsional antara kiri dengan kanannya.

     Sehingga kurang lebih hasilnya menjadi seperti hasil akhir berikut ini:

      Jadi buat yang gigi depannya bermasalah [berlobang atau berjarak], jangan ragu dan malu buat pergi ke Dokter Gigi terdekat untuk segera ditambal.

Daripada mnurunkan passing grade dan ‘nilai jual’, yang akan berakhir ke predikat jomblo ngenes selamanya?

     Kalau ada hal sekaitan dan sehubungan dengan hal ini atau hal lain bisa ditanyakan ke #doktergigigaul via Konsul di atas Header MagaHaya!

 Salam MagaHaya!

sumber:internet
Baca artikel ini

10 Hal Penting Tentang Dokter Gigi Gaul

Inilah..10 Hal Penting Tentang Dokter Gigi Gaul yang [mungkin] penting untuk diketahui:

dogigaava

     Beberapa dari kamu mungkin belom tahu, kalo DokterGigiGAUL itu..

1. Geli banget sama tikus.

     Mulai dari oek-oek, sampe sekarang DokterGigiGAUL gak pernah ngoleksi barang yang bertema Mickey Mouse [Miki Tikus]. Selain gag jantan kedengerannya, DokterGigiGAUL lebih suka sama Donald Bebek yang gag terlalu ideal.

     Lebih membumi.

2. Penggemar parah warna hitam.

     Semua yang ada di DokterGigiGAUL mayoritas berwarna hitam. Mulai  bulu hidung sampe bulu kaki. DokterGigiGAUL suka ngeliat cewek yang rambutnya hitam alami, gag diwarnaian. Suka liat cewek dengan bola mata yang berwarna hitam, daripada yang bola matanya warnanya putih semua.

Dan DokterGigiGAUL suka pake celana berwarna hitam, daripada tidak memakai celana sama sekali.


3. Gak suka cewek yang terlalu wangi dan terlalu genit

     Cewek wangi..harus! Tapi terlalu wangi.. enggak deh, yuk babay! Mual, pusing dkk, langsung mampir kalo ketemu tipe yang satu ni.

Tapi bukan berarti Dokter Gigi Gaul demen ama cewek ‘bau’ alias smelly ya 🙂

     Apalagi ditambah terlalu genit. Hiih..mo marah. Cewek tu tercipta khusus, untuk dihormati dan disegani. Kayak emak kita atau istri kita.

     Jadi harus pintar jaga diri.

Diskon-diskon aja gag boleh, apalagi jual murah.

4. Mengerti lebih dari 8 bahasa

     Meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Betawi, Bahasa Sunda, Bahasa Inggris, sedikit Bahasa Minang, sedikit Bahasa Melayu, Bahasa Kalbu, Bahasa Tubuh,  Bahasa Isyarat,, dlsb.

Tapi, enggag bahasa hewan, soalnya doktergigigigaul adalah DokterGigi, bukan Tarzan.

5. Bermata sipit namun bukan keturunan Cina

     Bukan menyesal, cuma memastikan. Lagipula, ada pepatah bijak berkata..

Sendal jepit, sendal Swallow. Biarin sipit, mirip Andy Lau.

6. Ngefans berat sama Tia Ivanka

     Ini artis pertama dan terakhir tempat Dokter Gigi Gaul melabuhkan hati. Tidak pernah berhenti berharap suatu hari Tia Ivanka dateng ke praktek Dokter Gigi Gaul entah karena sakit gigi atau sekedar pengen silaturahmi.

     Aamiin.

7. Punya tai lalat didalam alis kanan

     Mungkin muncul pertanyaan ngapain ini dibahas. Tapi kalo yang pengetahuannya luas akan segera tahu kalo hal itu “Chinmi” banget.

     Baca KungFu Boy jilid 1, waktu pertama kali nyari titisan ahli KungFu, Chinmi ditemukan dengan tanda tai lalat dibalik alis mata kanannya.

     Meskipun waktu ikut Tae-Kwon-Do, gak sempet nguasain KungFu Peremuk Tulang, karena di Tae-Kwon-Do, gag ada pelajaran Kung Fu Peremuk Tulang.

8. Pengen banget belajar Jit-Kun-Do

     Sejak nonton National Geographic Channel soal Martial Art, Dokter Gigi Gaul langsung jatuh cinta sama seni beladiri yang satu ini. Apalagi ada hubungannya sama salah satu beladiri yang pernah DokterGigiGAUL pelajari. Tae-Kwon-Do.

     Setuju sama naratornya yang bilang:

Jiujitsu, Kung Fu dan Taekwondo dijadikan satu adalah state-of-the-art-nya Martial Art. JitKunDo

9. Demen banget gigit-gigit kuku.

     Dari kuku jari tangan sendiri ampe kuku jari tangan orang semua udah sukses doktergigigaul eksekusi.

Bahkan jari kaki kelingking kiri jadi saksi bisu keganasan DokterGigiGAUL soal gigit kuku ini.

     Gak berbentuk lagi. Ancurrr!

10. Suka banget baca buku

     Kalo lagi gak ada pasien ato gak ada kerjaan, bisa dipastikan Dokter Gigi Gaul lagi manteng baca buku.

     Baik di belakang meja, ataupun diatas pohon kenari Encang Rohim.

     Hampir semua buku suka dibaca, kecuali buku textbook perkuliahan! Ampun deh, banget malesnya.

     Makanya Dokter Gigi Gaul agak lebih lama dari manusia normal untuk bisa lulus jadi Dokter Giginya.

     Alesan.

 Sekian. Terima kasih.

Baca artikel ini

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

dokter gigi, blog dokter gigi, blog kesehatan gigi, blog kedokteran gigi, kedokteran gigi, kedokteran gigi mulut, buku kedokteran gigi, penyakit mulut, ilmu penyakit mulut,poster kesehatan gigi dan mulut, makalah kesehatan gigi dan mulut, leaflet kesehatan gigi dan mulut, kuesioner kesehatan gigi dan mulut,kti kesehatan gigi dan mulut,kesehatan mulut dan gigi,kesehatan gigi dan mulut ppt,kesehatan gigi dan mulut pdf,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut pada anak,kesehatan gigi dan mulut,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut,manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut,materi kesehatan gigi dan mulut,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ppt,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut,pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut,pentingnya kesehatan gigi dan mulut,pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut,pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut,menjaga kesehatan gigi dan mulut, materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, artikel tentang kesehatan gigi dan mulut, artikel kesehatan gigi dan mulut lansia,balai kesehatan gigi dan mulut makassar,booklet kesehatan gigi dan mulut,bpjs kesehatan gigi dan mulut,buku kesehatan gigi dan mulut,bulan kesehatan gigi dan mulut,buruknya kesehatan gigi dan mulut,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut lansia,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,cerita kesehatan gigi dan mulut,contoh kesehatan gigi dan mulut,contoh makalah kesehatan gigi mulut,d3 kesehatan gigi dan mulut unair,data kesehatan gigi dan mulut menurut who,data kesehatan gigi dan mulut nasional,definisi kesehatan gigi dan mulut ebook download,definisi kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,definisi kesehatan gigi dan mulut menurut who,dinas kesehatan gigi dan mulut bandung,ebook kesehatan gigi dan mulut,edukasi kesehatan gigi dan mulut,epidemiologi kesehatan gigi dan mulut,esai kesehatan gigi dan mulut,evaluasi kesehatan gigi dan mulut,flipchart kesehatan gigi dan mulut,formulir kesehatan gigi dan mulut,forum kesehatan gigi dan mulut,fungsi kesehatan gigi dan mulut,gambar kesehatan gigi dan mulut,gambaran kesehatan gigi dan mulut,gangguan kesehatan gigi dan mulut,gangguan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,hari kesehatan gigi dan mulut,hari kesehatan gigi dan mulut dunia,hari kesehatan gigi dan mulut nasional,hari kesehatan gigi dan mulut sedunia,hubungan kesehatan gigi dan mulut dengan perilaku,ibu hamil dan kesehatan gigi mulut,indikator kesehatan gigi dan mulut masyarakat,indikator kesehatan gigi dan mulut menurut who,indikator kesehatan gigi dan mulut terbaru,indikator kesehatan gigi dan mulut who,indikator kesehatan gigi dan mulut yang terbaru,jeruk nipis untuk kesehatan gigi dan mulut,jurnal kesehatan gigi dan mulut anak,jurnal kesehatan gigi dan mulut anak pdf,jurnal kesehatan gigi dan mulut masyarakat,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada anak pdf,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada lansia,kader kesehatan gigi dan mulut,karangan kesehatan gigi dan mulut,kasus kesehatan gigi dan mulut,kebijakan kesehatan gigi dan mulut,kegiatan kesehatan gigi dan mulut,kegiatan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,kesehatan gigi dan bau mulut,kesehatan gigi dan mulut,kesehatan gigi dan mulut adalah,kesehatan gigi dan mulut adalah menurut who,kesehatan gigi dan mulut adalah pdf,kesehatan gigi dan mulut anak,kesehatan gigi dan mulut anak berkebutuhan khusus,kesehatan gigi dan mulut anak di indonesia,kesehatan gigi dan mulut anak pdf,kesehatan gigi dan mulut anak powerpoint,kesehatan gigi dan mulut anak ppt,kesehatan gigi dan mulut anak sekolah,kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah,kesehatan gigi dan mulut balita,kesehatan gigi dan mulut dalam pandangan islam,kesehatan gigi dan mulut depkes ri,kesehatan gigi dan mulut di indonesia,kesehatan gigi dan mulut di indonesia pdf,kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut indonesia,kesehatan gigi dan mulut jurnal,kesehatan gigi dan mulut jurnal pdf,kesehatan gigi dan mulut lansia,kesehatan gigi dan mulut liputan6,kesehatan gigi dan mulut makalah,kesehatan gigi dan mulut masyarakat,kesehatan gigi dan mulut masyarakat indonesia,kesehatan gigi dan mulut menurut depkes ri,kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,kesehatan gigi dan mulut menurut who,kesehatan gigi dan mulut merupakan,kesehatan gigi dan mulut pada anak,kesehatan gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus,kesehatan gigi dan mulut pada anak jurnal,kesehatan gigi dan mulut pada anak pdf,kesehatan gigi dan mulut pada anak sd,kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah,kesehatan gigi dan mulut pada anak usia dini,kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah,kesehatan gigi dan mulut pada balita,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil pdf,kesehatan gigi dan mulut pada lansia,kesehatan gigi dan mulut pada lansia pdf,kesehatan gigi dan mulut pada lansia ppt,kesehatan gigi dan mulut pada masa kehamilan,kesehatan gigi dan mulut pada penderita dm,kesehatan gigi dan mulut pada remaja,kesehatan gigi dan mulut pada usia lanjut,kesehatan gigi dan mulut pdf,kesehatan gigi dan mulut power point,kesehatan gigi dan mulut ppt,kesehatan gigi dan mulut remaja,kesehatan gigi dan mulut sangat penting,kesehatan gigi dan mulut secara umum,kesehatan gigi dan mulut untuk anak,kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut youtube,kesehatan gigi mulut,kesehatan gigi mulut,kesehatan gigi mulut anak,kesehatan gigi mulut ibu hamil,kesehatan gigi mulut pada ibu hamil,kesimpulan kesehatan gigi dan mulut,kliping kesehatan gigi dan mulut,kondisi kesehatan gigi dan mulut indonesia,konseling kesehatan gigi dan mulut,konsep kesehatan gigi dan mulut,konsultasi kesehatan gigi dan mulut,kontrol kesehatan gigi dan mulut,kti cara menjaga kesehatan gigi dan mulut balita,kti kesehatan gigi dan mulut,kti kesehatan gigi dan mulut pada anak,kuesioner kesehatan gigi dan mulut,laporan kesehatan gigi dan mulut,leaflet kesehatan gigi dan mulut,leaflet kesehatan gigi dan mulut anak,leaflet kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,lembaga kesehatan gigi dan mulut,lembaga kesehatan gigi dan mulut halim,lembaga kesehatan gigi dan mulut tni au,lp kesehatan gigi dan mulut,makalah kesehatan gigi dan mulut balita,makalah kesehatan gigi dan mulut lansia,makalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,makalah kesehatan gigi dan mulut pada lansia,makalah kesehatan gigi mulut,manfaat jeruk nipis untuk kesehatan gigi dan mulut,masalah kesehatan gigi dan mulut di indonesia,masalah kesehatan gigi dan mulut menurut who,masalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,masalah kesehatan gigi dan mulut pada remaja,materi kesehatan gigi dan mulut dokter kecil,materi kesehatan gigi dan mulut untuk dokter kecil,materi kesehatan gigi mulut,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk lansia,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk masyarakat,menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak dan ibu hamil,menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa,nutrisi untuk kesehatan gigi dan mulut,panduan kesehatan gigi dan mulut bagi ibu hamil,pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah,pelayanan kesehatan gigi dan mulut di rumah sakit,pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penelitian kesehatan gigi dan mulut,pengaruh kesehatan gigi dan mulut terhadap halitosis,pengaruh narkoba terhadap kesehatan gigi dan mulut,pengertian kesehatan gigi & mulut,pengertian kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,pengertian kesehatan gigi dan mulut menurut who,pengertian kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pengertian kesehatan gigi dan mulut secara umum,pengertian kesehatan gigi dan mulut terbaru,pengetahuan kesehatan gigi dan mulut adalah,pentingnya kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut anak sd,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil pdf,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil ppt,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut remaja,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk anak sd,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi mulut,penyuluhan kesehatan gigi mulut ibu hamil,perawatan kesehatan gigi dan mulut bagi bayi dan balita,ppt kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,profil kesehatan gigi dan mulut indonesia,program kesehatan gigi dan mulut masyarakat pdf,program kesehatan gigi mulut masyarakat,pusat kesehatan gigi dan mulut makassar,pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut bandung,referensi kesehatan gigi dan mulut,riskesdas kesehatan gigi dan mulut,rumah sakit kesehatan gigi dan mulut bandung,sap kesehatan gigi dan mulut,sap kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,satpel kesehatan gigi dan mulut,seminar kesehatan gigi dan mulut,seputar kesehatan gigi dan mulut,skk kesehatan gigi dan mulut,skripsi kesehatan gigi dan mulut,skripsi kesehatan gigi dan mulut pada anak,slogan kesehatan gigi dan mulut,sop kesehatan gigi dan mulut,status kesehatan gigi dan mulut,survei kesehatan gigi dan mulut,target kesehatan gigi dan mulut,target nasional kesehatan gigi dan mulut,tentang kesehatan gigi dan mulut,teori kesehatan gigi dan mulut,tes kesehatan gigi dan mulut,tingkat kesehatan gigi dan mulut di indonesia,tips kesehatan gigi dan mulut,tips kesehatan gigi dan mulut bagi pengguna behel,tujuan kesehatan gigi dan mulut,upaya kesehatan gigi dan mulut,upaya kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,upaya kesehatan gigi dan mulut masyarakat,usaha kesehatan gigi dan mulut masyarakat desa,uu kesehatan gigi dan mulut,uu tentang kesehatan gigi dan mulut,video kesehatan gigi dan mulut,dental health,dental health education,dental health center,dental health centre daerah khusus ibukota jakarta,dental health journal,dental health education journal,dental health care,dental health promotion,dental health program,dental health articles,dental health poster,dental health book dental health assessment,dental health and heart disease,dental health and pregnancy,dental health and breastfeeding,dental health and wellness,dental health and hygiene,dental health brochures,dental health blog,dental health diet,dental health diabetes,dental public health definition,dental health education posters,dental health effects on body,dental health facts,dental health for kids,dental health for seniors,dental health for life,dental health for toddlers,dental health formula

Powered by WordPress. Designed by WooThemes