Tag Archives | dokter gigi

Membersihkan Plak Tanpa Ke Dokter Gigi

Hmm.. Lagi jalan-jalan di dunia maya, mencari informasi terhangat yang perlu dikumpukan untuk dibagikan kepada pemirsah, tiba-tiba tersangkut pada sebuah situs dari harian di pulau Kalimantan. Ternyata harian ini menyediakan sebuah forum konsultasi kesehatan gigi yang diasuh seorang dokter gigi.

Dokter Gigi Gaul seneng banget ngeliat hal ini. Ada alternatif untuk berbagi ilmu  tentang kedokteran gigi bagi yang membutuhkan. 😀

Tapi Dokter Gigi Gaul sedikit tergelitik membaca hasil Pertanyaan dan Jawaban yang ada di “kolom” tersebut.

Tanpa direkayasa, kecuali format tampilan dan identitas pribadi, agar lebih menyatu dengan blog ajaib ini dan etika sejawat serta pers, bisa disimak forum tanya jawab yang ada berikut ini: 

Bisakah Jigong Dibersihkan Sendiri Tanpa ke Dokter Gigi? 

Tanya:

Dok, bagaimana cara membersihkan plak gigi tanpa harus berobat ke Dokter? Apa saja yang harus dilakukan? Terimakasih.

Sxxxxx (Pria Lajang, 20 Tahun), xxxxx.xxxxxxx@gmail.com,Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban:

Plak atau jigong (kotoran) yang sudah mengeras tidak bisa dibersihkan dengan pasta gigi biasa atau obat kumur. Tetapi plak yang sudah mengeras harus dibersihkan oleh dokter gigi dengan alat khusus (scaler) karena tingkat kekerasan plak yang sudah sangat menempel. Tapi proses itu tidak sakit, jadi Bapak tidak perlu khawatir atau takut untuk datang membersihkan gigi ke dokter gigi

?Lho?

Entah, apa perasaan Dokter Gigi Gaul aja, atau emang jawaban yang diberikan sedikit meleset dari harapan sang penanya. Yang doktergigigaul tangkap, si penanya berusaha nyari informasi “Apa yang harus dia lakukan untuk membersihkan plak gigi (tanpa harus berobat ke dokter)”, tapi kok jawabannya langsung mengenai scaling ya?

Membingungkan. 🙁

Tapi kalo doktergigigaul yang dokter gigi aja bingung, gimana nasib si penanya ya? 😡

Heu, maaf, bukan untuk mendiskreditkan sesuatu apapun, atau bahkan seseorang. Tetapi, sedikit membantu mengingatkan sejawat, untuk selalu bisa memberikan informasi yang singkat dan tepat guna kepada pasien.

 Sebab informasi yang rancu bisa menyebabkan 2 hal:

  • Pasien kehilangan “hak”nya untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan, khususnya gigi dan mulut.
  • Dokter gigi melupakan “kewajiban” untuk membuat ilmu yang dia miliki supaya dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Plak, selama belum mengeras, masih bisa dibersihkan, dan memang tidak harus berobat ke dokter gigi. Menyikat gigi secara teratur dan tepat, bisa menjadi salah satu cara membersihkan plak. Bahkan plak bisa dibersihkan dengan mengerok gigi, menggunakan kuku.

Tidak ada istilah “plak yang mengeras”. Sisa makanan yang tertempel pada plak-lah yang menjadi “keras”. Coba cari dan baca artikel mengenai plak di situs ini melalui kotak pencarian untuk lebih jelasnya

Kalau ada yang merasa ter’dzalimi’, mohon maaf, Dokter Gigi Gaul sama sekali gak ada maksud begitu.

Kalau ada yang merasa ingin diomongin, karena artikel ini juga ngawur, bisa diskusi lewat kolom komentar. Mudah-mudahan bisa dilayani dengan senang hati, tanpa ada yang sakit hati 😀

Terima kasih..

 Salam hangat

Baca artikel ini

Bahan Tidak Aktif Odol Yang Perlu Diwaspadai!

Ternyata, hey ternyata, selain bahan aktif dalam pasta gigi yang telah diposting dalam artikel sebelumnya, ada bahan-bahan lain dalam pasta gigi yang perlu diketahui, untuk selanjutnya diwaspadai! Waspadalah, waspadalah!

Ada bahan-bahan tidak aktif dalam pasta gigi kamu yang mempunyai fungsinya masing-masing. Bahan-bahan tersebut antara lain: SLS, SLES, propylene glycol, pemanis, perasa buatan dan pewarna makanan.Bahan-bahan ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan pembersihan gigi kamu, dan dapat menimbulkan efek yang kurang baik..

Makanya, tidak begitu gencar di’promosi’kan oleh produsen odol.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahan-bahan ini terserap melalui membran mukosa tubuh. Padahal, bahan kimia -termasuk obat obatan- melalui membran mukosa seperti pipi dan dibawah lidah, mempunyai tingkat efektivitas penyerapan yang lebih tinggi.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai bahan tidak aktif yang ada di odol

Jadi, berhati-hatilah dalam pemilihan dan pemakaian pasta gigi kamu. Kuncinya, jangan berlebihan dalam menggunakan pasta gigi. Konsultasikan dengan dokter gigi kamu..

Salam hangat..

Baca artikel ini

6 Penyebab Gigi Berwarna “Kuning”

Gigi berwarna kuning, tidak selamanya merupakan akibat dari jarang menggosok gigi. Tetapi bisa jadi warna “kuning” tersebut memang warna alami gigi kamu.

Meskipun bisa jadi, warna kekuningan gigi kamu adalah hasil dari beberapa faktor yang selama ini tidak atau kurang kamu sadari.

Gigi berwarna “kuning” atau “kekuningan” dapat disebabkan beberapa faktor, diantaranya:

1. Faktor Natural atau Alami

Tidak semua orang beruntung memiliki gigi yang mendekati warna putih. Karena ada beberapa orang yang memiliki warna “kekuningan”.

Sebenarnya sebagian besar dari permukaan terluar gigi (enamel) manusia berwarna putih. Namun, lapisan di bawahnya yang disebut dentin secara alami berwarna kuning.

Dalam beberapa kondisi, lapisan paling luar (enamel) yang tidak mengalami mineralisasi secara baik menyebabkan warna email menjadi kurang “tebal” (jelas). Hal ini membuat warna dentin yang (kuning) lebih jelas sehingga tampaklah gigi tersebut berwarna “kuning”

Kamu tidak dapat mengubah warna gigi alam ini, kecuali  menggunakan metode pemutihan gigi secara profesional oleh dokter gigi.

2. Kebersihan Gigi dan Mulut

Kamu dapat mengatakan “gigi kuning dapat menyebabkan berbagai macam masalah” tetapi kebersihan gigi dan mulut yang buruk selalu menyebabkan gigi berwarna kuning (bersama dengan sejumlah masalah gigi dan mulut lainnya)

[bctt tweet=”Kebersihan gigi dan mulut yang buruk adalah penyebab utama gigi yang berwarna kuning.” username=””]

3. Faktor Makanan/ Minuman

Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat bertanggung jawab atas terjadinya perubahan warna pada gigi. Makanan seperti teh, kopi, dan soda mempunyai efek “mewarnai” gigi

4. Waktu

Kamu harus menerima kenyataan bahwa “kuning”nya gigi adalah bagian dari berjalannya waktu [baca: terjadinya penuaan]. Namun sebaiknya kamu juga berhati-hati  dalam menjaga kebersihan.

Selama jangka waktu tertentu agen stain (bahan yang melekat pada permukaan gigi) dapat menimbulkan warna kuning pada gigi kamu. Semakin banyak agen stain yang melekat pada permukaan terluar (email) gigi kamu, maka akan menutupi warna putih (email) gigi kamu dan akhirnya warna kuning gigi akan terlihat.

5. Pengaruh Obat

Beberapa pengobatan yang kurang tepat atau “terpaksa” dilakukan pada waktu kamu masih kecil bisa menyebabkan perubahan warna gigi dari putih.  Tetrasiklin adalah obat yang bertanggungjawab atas perubahan warna gigi kamu. Dan ada beberapa obat lain yang dapat dimintai pertanggungjawabannya.

6. Kebiasaan Buruk

Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya deposit atau akumulasi nikotin pada gigi.

Salam hangat

sumber: internet

Baca artikel ini

7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, atau gigi berlubang adalah beberapa contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Padahal, masalah gigi atau gusi tidak melulu sekadar bikin sulit makan ataupun bicara.

Studi menemukan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

Oleh karena itu, berikut disajikan beberapa tips berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Siap mecoba cara-cara tersebut di atas?

sumber: dari sini

Baca artikel ini

Toddler Tooth Tips

Congratulations! Like most children between 3 and 6 months, your infant just received his or her first tooth. But as a parent, do you know how to take care of those teeth to ensure a healthy smile that will last a lifetime?

Take your child to the dentist six months after the eruption of the first tooth. “At the first visit the dentist will show you the right way to care for your child’s teeth by showing you brushing techniques and identifying any early problems, including crowding, appearance of calcium deposits or an abnormality in the number of teeth,” says AGD spokesperson Julie Barna, DDS, MAGD.

Use a warm washcloth or a moistened cotton swab to clean your child’s teeth after every meal. This gets the child used to something in his or her mouth. After this, graduate to a small, soft toothbrush. You don’t need to add toothpaste into the regimen until your child is 2 years old; use only a pea-sized amount on the bristles.

Develop a system so that you don’t miss any teeth

She suggests starting from the back to clean the molars, which are most susceptible to infection, and then working forward to the front teeth by pulling back the lips. You can either face the child or have him or her sit on your lap

Additional oral health tips for parents:

  • Bedtime is the most important time to brush.
  • Schedule dental appointments early in the day, but avoid naptime. When bringing the child to the dentist for the first time, it’s okay to bring a comfort item such as a blanket or favorite toy. Make the experience positive for the child and try not to instill your own fears into the child.
  • Change your child’s toothbrush every two months and after the child has been sick. Dr. Barna says parents should go through approximately four brushes between every six-month checkup.
  • If your child is sick, toothpaste should be placed on the brush via a cotton swab or a clean finger to avoid contaminating the toothpaste tube.
  • Many children like to chew on the bristles. Chewing on the bristles bends them, making it difficult for the toothbrush to clean away plaque. If this is the case, have one toothbrush the child can play with and one that you use to clean the teeth.
  • Pacifiers can be used until the child is 1 year old. Most pacifiers lie in a position that will not cause any harm to a child’s mouth. Prolonged usage, however, can cause increased ear infections from sucking or an open bite your child falls and cuts his or her lip, use something cold, such as a Popsicle. Your child will be excited about a treat, and it will reduce swelling at the same time. If the swelling is severe or the bleeding continues, see your dentist right away
  • If necessary, only let your child go to sleep with a bottle filled with water. Formula, milk or juice can cause baby bottle tooth decay.
  • Avoid chewable vitamins that list sugar as the first ingredient

Source link

Baca artikel ini

Keju: Bikin Gigi Sehat? Serius?

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam General Dentistry edisi Mei/ Juni menunjukkan bahwa mengkonsumsi keju dapat melindungi gigi dari kemungkinan gigi berlubang.

Penelitian melibatkan 68 partisipan -dengan rentang usia 12 hingga 15 tahun-  yang dipilih secara acak, dan dibagi menjadi 4 kelompok yang mengkonsumsi berbagai jenis makanan: yogurt-bebas-gula, susu, keju dan parafin sebagai kelompok kontrol.

Parafin kan lilin? Emang bisa dimakan? Bukan. Bukan parafin yang lilin. Itu sih emang gag bisa dimakan. Tapi ada jenis parafin yang bisa dimakan (edibel). Tahu gag kalo ‘pembungkus’ sosis itu termasuk jenis parafin?

‘Plastik’ pembungkus sosis termasuk jenis parafin yang bisa dimakan (edibel)

Kembali ke penelitian yang dibahas sebelumnya. Jadi, ternyata setelah diteliti, kelompok yang mengkonsumsi susu, yogurt dan parafin tidak menunjukkan peningkatan nilai pH mulutnya. Sedangkan pada kelompok yang mengkonsumsi keju, menunjukkan peningkatan nilai pH pada setiap interval penilaian. Hal ini mengindikasikan kalo keju memiliki kemampuan mencegah lubang gigi.

Kok bisa?

Tampilkan lebih banyak

Seperti yang dibahas di buku doktergigigaul yang ini, salah satu penyebab terjadinya gigi berlubang adalah suasana mulut yang ‘asam’. Suasana asam ini ditunjukan dengan nilai pH yang rendah. Umumnya di bawah 5.5.

Nah, kan disebutkan sebelumnya kalo pada kelompok penelitian yang mengkonsumsi keju, nilai pH mulutnya mengalami kenaikan. Jadi kemungkinan untuk karies bisa terjadi semakin berkurang.

Semakin tinggi nilai/ kadar pH dalam mulut, keadaan mulut semakin tidak asam (basa)

Menurut jubir Academy of General Dentistry, Dr. Seung-Hee Rhee, keju dapat dipertimbangkan sebagai pencegah gigi berlubang karena peningkatkan pH. Namun perlu dipertimbangkan bahwa peningkatan nilai pH bisa aja memang diakibatkan karena kandungan bahan tertentu dalam keju atau terjadi gegara aktivitas mengunyah.

[bctt tweet=”Keju dapat dipertimbangkan sebagai pencegah gigi berlubang” username=”doktergigigaul”]

Sayangnya, gag disebutin secara spesifik, apa jenis keju yang diberikan pada kelompok percobaan. Soalnya, takutnya hanya keju tertentu yang memiliki ‘kemampuan’ mencegah gigi berlubang. Gag semua keju memiliki keistimewaan tersebut.

Apapun itu, boleh dicoba buat mulai rajin mengkonsumsi keju lewat roti keju 1000-an yang ada di warung deket rumah untuk penghematan biaya 😀

Siapa tahu kamu beruntung, bahwa ‘keju’ isi roti 1000-an tersebut sama efektifnya dalam mencegah gigi berlubang dengan keju mahal yang ada di pasaran..

Tertarik? Let me know, if you have tried, yes..

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

sumber artikel

Baca artikel ini

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

dokter gigi, blog dokter gigi, blog kesehatan gigi, blog kedokteran gigi, kedokteran gigi, kedokteran gigi mulut, buku kedokteran gigi, penyakit mulut, ilmu penyakit mulut,poster kesehatan gigi dan mulut, makalah kesehatan gigi dan mulut, leaflet kesehatan gigi dan mulut, kuesioner kesehatan gigi dan mulut,kti kesehatan gigi dan mulut,kesehatan mulut dan gigi,kesehatan gigi dan mulut ppt,kesehatan gigi dan mulut pdf,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut pada anak,kesehatan gigi dan mulut,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut,manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut,materi kesehatan gigi dan mulut,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ppt,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada anak,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut,pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut,pentingnya kesehatan gigi dan mulut,pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut,pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut,menjaga kesehatan gigi dan mulut, materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, artikel tentang kesehatan gigi dan mulut, artikel kesehatan gigi dan mulut lansia,balai kesehatan gigi dan mulut makassar,booklet kesehatan gigi dan mulut,bpjs kesehatan gigi dan mulut,buku kesehatan gigi dan mulut,bulan kesehatan gigi dan mulut,buruknya kesehatan gigi dan mulut,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut lansia,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,cerita kesehatan gigi dan mulut,contoh kesehatan gigi dan mulut,contoh makalah kesehatan gigi mulut,d3 kesehatan gigi dan mulut unair,data kesehatan gigi dan mulut menurut who,data kesehatan gigi dan mulut nasional,definisi kesehatan gigi dan mulut ebook download,definisi kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,definisi kesehatan gigi dan mulut menurut who,dinas kesehatan gigi dan mulut bandung,ebook kesehatan gigi dan mulut,edukasi kesehatan gigi dan mulut,epidemiologi kesehatan gigi dan mulut,esai kesehatan gigi dan mulut,evaluasi kesehatan gigi dan mulut,flipchart kesehatan gigi dan mulut,formulir kesehatan gigi dan mulut,forum kesehatan gigi dan mulut,fungsi kesehatan gigi dan mulut,gambar kesehatan gigi dan mulut,gambaran kesehatan gigi dan mulut,gangguan kesehatan gigi dan mulut,gangguan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,hari kesehatan gigi dan mulut,hari kesehatan gigi dan mulut dunia,hari kesehatan gigi dan mulut nasional,hari kesehatan gigi dan mulut sedunia,hubungan kesehatan gigi dan mulut dengan perilaku,ibu hamil dan kesehatan gigi mulut,indikator kesehatan gigi dan mulut masyarakat,indikator kesehatan gigi dan mulut menurut who,indikator kesehatan gigi dan mulut terbaru,indikator kesehatan gigi dan mulut who,indikator kesehatan gigi dan mulut yang terbaru,jeruk nipis untuk kesehatan gigi dan mulut,jurnal kesehatan gigi dan mulut anak,jurnal kesehatan gigi dan mulut anak pdf,jurnal kesehatan gigi dan mulut masyarakat,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada anak pdf,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada lansia,kader kesehatan gigi dan mulut,karangan kesehatan gigi dan mulut,kasus kesehatan gigi dan mulut,kebijakan kesehatan gigi dan mulut,kegiatan kesehatan gigi dan mulut,kegiatan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,kesehatan gigi dan bau mulut,kesehatan gigi dan mulut,kesehatan gigi dan mulut adalah,kesehatan gigi dan mulut adalah menurut who,kesehatan gigi dan mulut adalah pdf,kesehatan gigi dan mulut anak,kesehatan gigi dan mulut anak berkebutuhan khusus,kesehatan gigi dan mulut anak di indonesia,kesehatan gigi dan mulut anak pdf,kesehatan gigi dan mulut anak powerpoint,kesehatan gigi dan mulut anak ppt,kesehatan gigi dan mulut anak sekolah,kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah,kesehatan gigi dan mulut balita,kesehatan gigi dan mulut dalam pandangan islam,kesehatan gigi dan mulut depkes ri,kesehatan gigi dan mulut di indonesia,kesehatan gigi dan mulut di indonesia pdf,kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut indonesia,kesehatan gigi dan mulut jurnal,kesehatan gigi dan mulut jurnal pdf,kesehatan gigi dan mulut lansia,kesehatan gigi dan mulut liputan6,kesehatan gigi dan mulut makalah,kesehatan gigi dan mulut masyarakat,kesehatan gigi dan mulut masyarakat indonesia,kesehatan gigi dan mulut menurut depkes ri,kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,kesehatan gigi dan mulut menurut who,kesehatan gigi dan mulut merupakan,kesehatan gigi dan mulut pada anak,kesehatan gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus,kesehatan gigi dan mulut pada anak jurnal,kesehatan gigi dan mulut pada anak pdf,kesehatan gigi dan mulut pada anak sd,kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah,kesehatan gigi dan mulut pada anak usia dini,kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah,kesehatan gigi dan mulut pada balita,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil pdf,kesehatan gigi dan mulut pada lansia,kesehatan gigi dan mulut pada lansia pdf,kesehatan gigi dan mulut pada lansia ppt,kesehatan gigi dan mulut pada masa kehamilan,kesehatan gigi dan mulut pada penderita dm,kesehatan gigi dan mulut pada remaja,kesehatan gigi dan mulut pada usia lanjut,kesehatan gigi dan mulut pdf,kesehatan gigi dan mulut power point,kesehatan gigi dan mulut ppt,kesehatan gigi dan mulut remaja,kesehatan gigi dan mulut sangat penting,kesehatan gigi dan mulut secara umum,kesehatan gigi dan mulut untuk anak,kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut youtube,kesehatan gigi mulut,kesehatan gigi mulut,kesehatan gigi mulut anak,kesehatan gigi mulut ibu hamil,kesehatan gigi mulut pada ibu hamil,kesimpulan kesehatan gigi dan mulut,kliping kesehatan gigi dan mulut,kondisi kesehatan gigi dan mulut indonesia,konseling kesehatan gigi dan mulut,konsep kesehatan gigi dan mulut,konsultasi kesehatan gigi dan mulut,kontrol kesehatan gigi dan mulut,kti cara menjaga kesehatan gigi dan mulut balita,kti kesehatan gigi dan mulut,kti kesehatan gigi dan mulut pada anak,kuesioner kesehatan gigi dan mulut,laporan kesehatan gigi dan mulut,leaflet kesehatan gigi dan mulut,leaflet kesehatan gigi dan mulut anak,leaflet kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,lembaga kesehatan gigi dan mulut,lembaga kesehatan gigi dan mulut halim,lembaga kesehatan gigi dan mulut tni au,lp kesehatan gigi dan mulut,makalah kesehatan gigi dan mulut balita,makalah kesehatan gigi dan mulut lansia,makalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,makalah kesehatan gigi dan mulut pada lansia,makalah kesehatan gigi mulut,manfaat jeruk nipis untuk kesehatan gigi dan mulut,masalah kesehatan gigi dan mulut di indonesia,masalah kesehatan gigi dan mulut menurut who,masalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,masalah kesehatan gigi dan mulut pada remaja,materi kesehatan gigi dan mulut dokter kecil,materi kesehatan gigi dan mulut untuk dokter kecil,materi kesehatan gigi mulut,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk lansia,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk masyarakat,menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak dan ibu hamil,menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa,nutrisi untuk kesehatan gigi dan mulut,panduan kesehatan gigi dan mulut bagi ibu hamil,pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah,pelayanan kesehatan gigi dan mulut di rumah sakit,pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penelitian kesehatan gigi dan mulut,pengaruh kesehatan gigi dan mulut terhadap halitosis,pengaruh narkoba terhadap kesehatan gigi dan mulut,pengertian kesehatan gigi & mulut,pengertian kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,pengertian kesehatan gigi dan mulut menurut who,pengertian kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pengertian kesehatan gigi dan mulut secara umum,pengertian kesehatan gigi dan mulut terbaru,pengetahuan kesehatan gigi dan mulut adalah,pentingnya kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut anak sd,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil pdf,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil ppt,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut remaja,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk anak sd,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi mulut,penyuluhan kesehatan gigi mulut ibu hamil,perawatan kesehatan gigi dan mulut bagi bayi dan balita,ppt kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,profil kesehatan gigi dan mulut indonesia,program kesehatan gigi dan mulut masyarakat pdf,program kesehatan gigi mulut masyarakat,pusat kesehatan gigi dan mulut makassar,pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut bandung,referensi kesehatan gigi dan mulut,riskesdas kesehatan gigi dan mulut,rumah sakit kesehatan gigi dan mulut bandung,sap kesehatan gigi dan mulut,sap kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,satpel kesehatan gigi dan mulut,seminar kesehatan gigi dan mulut,seputar kesehatan gigi dan mulut,skk kesehatan gigi dan mulut,skripsi kesehatan gigi dan mulut,skripsi kesehatan gigi dan mulut pada anak,slogan kesehatan gigi dan mulut,sop kesehatan gigi dan mulut,status kesehatan gigi dan mulut,survei kesehatan gigi dan mulut,target kesehatan gigi dan mulut,target nasional kesehatan gigi dan mulut,tentang kesehatan gigi dan mulut,teori kesehatan gigi dan mulut,tes kesehatan gigi dan mulut,tingkat kesehatan gigi dan mulut di indonesia,tips kesehatan gigi dan mulut,tips kesehatan gigi dan mulut bagi pengguna behel,tujuan kesehatan gigi dan mulut,upaya kesehatan gigi dan mulut,upaya kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,upaya kesehatan gigi dan mulut masyarakat,usaha kesehatan gigi dan mulut masyarakat desa,uu kesehatan gigi dan mulut,uu tentang kesehatan gigi dan mulut,video kesehatan gigi dan mulut,dental health,dental health education,dental health center,dental health centre daerah khusus ibukota jakarta,dental health journal,dental health education journal,dental health care,dental health promotion,dental health program,dental health articles,dental health poster,dental health book dental health assessment,dental health and heart disease,dental health and pregnancy,dental health and breastfeeding,dental health and wellness,dental health and hygiene,dental health brochures,dental health blog,dental health diet,dental health diabetes,dental public health definition,dental health education posters,dental health effects on body,dental health facts,dental health for kids,dental health for seniors,dental health for life,dental health for toddlers,dental health formula

Powered by WordPress. Designed by WooThemes