Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

8 Langkah Skrining Kanker Mulut

oral cancer screening spesialis penyakit mulut

Kanker Mulut merupakan salah satu permasalahan serius yang sering tidak terseriusi. Lakukan pencegahan, sekarang!

Banyak kasus kanker mulut berujung duka hanya karena pasien atau orang-orang dekatnya terlambat menyadari. Kasus kanker mulut bisa dicegah dan harus dicegah. Lakukan skrining kanker mulut, sekarang!

Skrining? Colokan listrik? Bukan, my friend, itu sikring. Walaupun tujuannya sedikit sama, yaitu sebagai pencegah kerusakan dan hil-hil yang tidak diangankan. Skrining adalah proses pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional yang berkompeten untuk mencari tanda dan gejala dari suatu penyakit. Dalam kasus ini skrining kanker mulut, maksudnya adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter gigi, khususnya doktergigi spesialis penyakit mulut, untuk mencari tanda dan gejala (lesi) kanker mulut atau pre-kanker (tahapan sebelum menjadi kanker) di rongga mulut.

Tujuan skrining kanker mulut ini, supaya kanker mulut dapat diketahui sedini mungkin, didiagnosa dengan segera untuk menentukan rencana perawatan yang diperlukan, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang berkelanjutan.

Kanker yang terdeteksi dini memiliki kemungkinan sembuh yang lebih baik. Kalaupun lesi kankernya tidak mungkin disembuhkan, setidaknya bisa mencegah kankernya bermetastase atau melakukan penjalaran ke jaringan normal sekitarnya secara masif.
Pake f, bukan v. Soalnya bukan grup band

Lebih segera skrining dilakukan, lebih banyak hal buruk terkait kanker mulut yang bisa dicegah. Click To Tweet

Skrining sebaiknya dilakukan oleh setiap dokter gigi pada seluruh pasien mereka. Namun beberapa dokter gigi masih melewatkan pemeriksaan tersebut. Seyogyanya, itu kabar yang sesungguhnya kurang menggembirakan.

Tetapi, have no fear, doktergigigaul is here.

Membawa kabar gembira bagi semua, tanpa ada hubungannya dengan ekstrak kulit buah, apapun. Kalian kalian -mulai dari mahluk gigi dasar hingga mahluk non gigi, dari sabang sampai merauke, dari pulau Roti sampai pulau We- bisa melakukan skrining kanker mulut sendiri!

Tampilkan lebih banyak

Yeay!

 Alat yang kalian perlukan cuman jari dan cermin. Simple as that! Gag pake ribet gag pake susyah. Siapa tahu, kamu bisa mencegah hal yang tidak diinginkan atau malah bisa mengubah hidup orang lain dengan menyebar pengetahuan ini.

Jadi, udah siap memulai?

Okeh. Hal yang pertama dilakukan adalah berdoa. Selanjutnya, menghadap cermin biarkan jari lu mulai bekerja sesuai gambar berikut

Perhatikan lokasi yang ditunjuk dengan titik biru. Gimana? Anything suspicious? Hmm..

Perhatikan apakah ada tonjolan keras atau lunak, sakit atau luka di daerah yang tadi kamu periksa

     Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian seputar skrining kanker mulut ini. skrining ini sipatya mendasar alias basic banget. Jadi ‘kelainan’ yang mungkin kalian rasakan belum tentu merupakan indikasi ke arah lesi kanker. Jadi gag perlu langsung panic mode begitu ngerasa ada yang gag biasa dari hasil skrining yang kamu lakukan. Skrining ini juga tidak melingkupi untuk pemeriksaan seluruh kanker mulut. Jangan juga kamu ngerasa tenang kalau enggag menemukan kelainan dari skrining yang kamu lakukan

     Doktergigi -spesialis penyakit mulut- akan melakukan pemeriksaan dan tes-tes tambahan untuk memastikan ‘kelainan’ yang terasa tersebut. Juga melakukan pemeriksaan untuk memeriksa kemungkinan munculnya kanker yang lain yang tidak terdeteksi dengan skrining tersebut.

Faktor resiko kanker mulut:

  • Perokok aktif
  • Peminum alkohol
  • Paparan sinar UV
  • Virus HPV

Skrining kanker mulut, umumnya diberikan kepada orang-orang atau pasien-pasien dengan faktor resiko, tetapi saran doktergigigaul sih, pastikan ke dokter gigi kamu mengenai perlu tidaknya kamu diskrining kanker mulut. Even better, let your dentist do the work! Biar lebih afdol. Meskipun kalau kamu merasa lebih nyaman dan penasaran pengen nyoba skrining dulu juga, sah-sah aja.

Cegah kanker mulut.. mulai sekarang!

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

 

*update: Kamu bisa lihat video pemeriksaan kanker rongga mulut di video berikut

Lihat video

, , , , ,

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes