Siwak: Kayu Ajaibnya Kedokteran Gigi Mulut

Siwak merupakan alat alternatif untuk pembersihan gigi selain sikat gigi (plus pasta gigi) konvensional. Tetapi, pengaruh utamanya bukan cuman membuat gigi jadi bersih aja, lho. Siwak punya pengaruh anti bakteri, anti jamur hingga anti virus yang mumpuni juga!

Bersiwak dianjurkan sebagai rutinitas pembersihan (bagian) tubuh dalam ajaran agam Islam. Diriwayatkan, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan sholat.” (HR. Bukhori dan Muslim)

 

Hal ini menjadikan bersiwak sebagai suatu sunah. Tetapi pernah gag kita coba dalami lebih lanjut, kenapa bersiwak ini dijadikan sebagai sunah (yang terlupakan) ? Apa sebenarnya yang menjadikan siwak sebagai suatu hal yang istimewa?

Sebelumnya, sekedar mengingatkan, bukan KENAPA kita disunahkan memakai siwak yang perlu dipertanyakan, tetapi APA yang terkandung dalam siwak yang penting untuk diketahui, sehingga bersiwak menjadi sesuatu yang sunah. Dengan mengetahui APA sebagai dasarnya, insya Allah, segala KENAPA akan terjawab dengan sendirinya, baik secara logika maupun keilmuan.

Penelusuran lebih lanjut yang doktergigigaul lakukan mengeluarkan fakta yang menakjubkan seputar siwak! Dan di artikel sederhana ini, ijinkan doktergigigaul berbagi fakta menakjubkan tersebut.

So, ladies and gentlemen, anak gadis dan temen-temen, get yourself prepared to be amazed..

Tampilkan lebih banyak

Siwak, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti (1-3) ternyata mengandung bahan bahan (kimia) alami yang memiliki banyak pengaruh terhadap kesehatan gigi mulut. Mulai dari anti bakteri, anti jamur sampai anti virus!

Belom lupa kan, kalau mikroorganisme di rongga mulut kita ini bervariasi jenisnya mulai dari bakteri, jamur dan lain-lain? Sebenernya, mikroorganisme tersebut gag akan menimbulkan masalah selama tindakan penjagaan kebersihan gigi dan mulut kita baik. Tetapi, pada beberapa kasus dimana aturan menyikat gigi 2 kali perhari berubah menjadi 2 hari sekali, mikroorganisme tersebut mulai menimbulkan masalah. Gigi berlubang, sariawan atau jamuran pada lidah dan mukosa mulut adalah salah tiga dari sekian banyak contoh masalah yang dapat timbul akibat perubahan ‘sifat’ mikroorganisme rongga mulut.

Nah, siwak ternyata memiliki khasiat alias kemampuan untuk mengontrol mikroorganisme itu semua, dengan catatan, tanpa bantuan bahan kimia sintetis (baca: pasta gigi). Penasaran bahasannya? Yok kita mulai bahas, satu persatu..

 






Beberapa bagian artikel yang sedang dalam proses penulisan akan diapdet sesuai ketersediaan waktu. Tetep sabar dan pantengin terus doktergigigaul.com-nya yaw.. 😀

Salam hangat..

DokterGigiGAUL

, , , , , , ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes