Obat Kumur Apa Yang Baik Buat Ngilangin Bau Mulut?

mouthwash

Kalau bisa dibilang, ini sepertinya pertanyaan yang sering keluar saat sesi tanya jawab doktergigi dan pasien di ruang praktek. Jadi, sebenernya, obat kumur apa yang baik buat ngilangin bau mulut? 

Jawabannya, GAK ADA!

Obat kumur yang baik untuk ngatasin bau mulut adalah obat kumur yang gag digunakan. Obat kumur yang beredar di pasaran justru pada dasarnya menambah buruk keadaan bau mulut yang ada, antara lain karena:

Obat kumur mengandung alkohol

Beberapa obat kumur yang beredar di pasaran mengandung alkohol lebih tinggi dari bir! Kandungan alkohol ini mengeringkan kelembaban jaringan lunak (mukosa) rongga mulut dengan mengurangi air liur. Padahal, air liur adalah salah satu ‘alat’ yang digunakan tubuh untuk menghilangkan bakteri penghasil sulfur yang menjadi penyebab bau mulut.

Beberapa obat kumur yang beredar di pasaran mengandung kadar alkohol yang lebih tinggi dari bir! Click To Tweet
Alkohol membuat rongga mulut menjadi kering karena mengurangi jumlah air liur

Selain itu obat kumur ‘membunuh’ bakteri di rongga mulut tanpa tedenga aling-aling. Semua dibabat, mau bakteri ‘baik’ maupun bakteri ‘jahat’. Padahal seharusnya, bakteri baik harus berada dalam jumlah yang cukup untuk mengatasi bakteri jahat. Karena pembunuhan tanpa pandang bulu ini, keseimbangan bakteri jadi terganggu. Bakteri jahat menghasilkan sulfur seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dan menyebabkan mulut menjadi bau.

Tapi di iklan obat kumur, para pemakainya terlihat mnikmati hasil berkumurnya? Halo, kamu masih percaya sama yang namanya iklan? Plis, deh..

Obat kumur tidak menghilangkan bau mulut, hanya menutupinya

Beberapa dari kamu mungkin pernah  menggunakan obat kumur dan merasa bau mulut kamu sdikit berkurang atau terasa lebih baik. Jangan salah, itu kamuflase. Bau mulut kamu masih ada, cuman tertutupi aja sementara. Setelah beberapa saat, doktergigigaul jamin, pasti bau mulut kembali lagi.

Obat kumur tidak menghilangkan bau mulut, hanya mengganti bau yang ada dengan bau dari obat kumur untuk beberapa saat
Make obat kumur, pada beberapa kasus, sama aja kayak buang buang uang! Click To Tweet

Menghilangkan bau mulut yang terbaik adalah dengan mengeliminasi sumber penyebab. Penyebab bau mulut kan bakteri yang menghasilkan sulfur, jadi itu yang dihilangin.

Bakteri ini biasanya ada di permukaan gigi yang menempel dengan bantuan plak juga gusi dan lidah yang kotor karena sisa makanan yang tidak terbersihkan dengan baik. Jadi cara eliminasi terbaik adalah dengan mengurangi jumlah sms dukungan bakteri tersebut dengan menyikat gigi atau membersihkan lidah.

Nyikat gigi mah udah pada tau kan, make sikat gigi dengan baik dan benar. Nah, untuk pembersihan lidah bisa menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut atau menggunakan pembersih lidah khusus (tongue scrapper). Banyak minum air putih bisa membantu menghilangkan kekotoran akibat sisa makanan di jaringan lunak (gusi dan lidah) kalau-kalau kesulitan mendapatkan pembersih lidah. Pleus, banyak minum juga menjaga mukosa mulut tetap lembab.

Lebih baik dari obat kumur beralkohol

Terakhir, kalau bau mulut kamu masih tetap ada setelah kamu mempraktekan saran doktergigigaul, kamu mungkin harus mulai mempertimbangkan menemui doktergigi, karena bisa jadi bau mulut yang ada merupakan pertanda kondisi kelainan rongga mulut -atau bahkan tubuh- yang lebih serius.

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

, , , , , , , ,

Masalah kesehatan mulut gak cuman tentang gigi doang -DokterGigiGAUL

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes