Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Nyeri Alih Infeksi Gigi

sakit-kepala-550x323

Infeksinya di gigi, yag sakit malah bagian lain di kepala dan leher? Kok bisa?

Gigi, kalo lagi kena injeksi, eh infeksi, bisa nimbulin rasa nyeri di daerah rongga mulut dan sekitarnya. Tapi, ‘dan sekitarnya‘ disini mengandung makna yang luas. Bisa mengenai kepala, mata hingga telinga! Nyeri yang timbul di daerah ‘dan sekitarnya’ itu, yang dimaksut dengan nyeri alih.

Baca Juga:

Nyeri alih akibat infeksi bersumber gigi paling sering mengenai daerah kepala dan sekitarnya. Yang seringnya lagi nyeri alih ini sering disalah artikan oleh pasien dan tenaga kesehatan. Pasien umumnya menyangka nyeri alih infeksi gigi di daerah kepala tersebut hanyalah sakit kepala yang biasa terjadi.

Tenaga kesehatan umum mendiagnosa hal ini sebagai sakit kepala atau tanpa mempertimbangkan kemungkinan infeksi gigi, yang berakhir dengan pemberian obat yang enggag tepat.

Nyeri alih akibat infeksi bersumber gigi paling sering mengenai daerah kepala dan sekitarnya. Click To Tweet

Namun, bukan berarti doktergigi gag bisa salah juga. Umumnya perlu jam terbang yang lama dan kepekaan dari seorang doktergigi untuk menyadari bahwa nyeri di daerah kepala hingga mata telinga adalah nyeri hasil infeksi yang bersumber dari gigi.

Tampilkan lebih banyak

Nah, sekalian mengingatkan, ada beberapa nyeri di sekitar daerah kepala yang mungkin bersumber dari gigi, antara lain:

  • Nyeri di daerah dahi alias jidat, kemungkinan akibat adanya infeksi pada gigi seri bagian atas.
  • Nyeri pada daerah sekitar cuping hidung muncul sebagai akibat adanya infeksi pada gigi taring rahang atas atau geraham kecil rahang atas.
  • Nyeri di daerah kening, depan telinga bagian atas sebagai akibat adanya infeksi pada gigi geraham rahang atas.
  • Nyeri pada daerah dagu dan sekitarnya bisa jadi akibat ada infeksi yang terjadi pada gigi seri dan taring rahang bawah.
  • Nyeri atau berdenging pada telinga, sakit pada sudut rahang bawah dan leher gag menutup kemungkinan merupakan akibat dari infeksi gigi geraham rahang bawah.
  • Sinusitis dapat disebabkan akibat adanya infeksi yang terjadi pada gigi geraham besar ataupun geraham kecil rahang atas.

Dengan mengetahui nyeri kepala yang bersumber infeksi pada gigi, semoga bisa membantu kamu sebagai pasien untuk membantu pemberian informasi yang tepat kepada tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan mampu memberikan pengobatan sesuai yang seharusnya.

Win-win solution, kan? 🙂

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

, , ,

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes