Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa? Gini Caranya!

bibir-kering

Salah satu masalah yang dihadapi waktu lagi puasa adalah bibir yang kering. Hal ini wajar, secara asupan cairan ke tubuh berkurang secara drastis. Banyak usaha yang (mungkin) udah dilakukan untuk bikin bibir jadi terlihat enggak kering. Sebenernya gimana cara yang baik atau tepat ngatasin bibir kering ini?

Bibir kering dapat disebabkan berbagai hal, diantaranya dehidrasi, atau juga paparan zat kimia dari obat kumur dan pasta gigi.

Zat kimia yang bikin bibir kering? Alkohol

Secara logika, orang-orang umumnya reflek membasahi bibir yang kering dengan menjilatnya atau melumasinya dengan air liur. Etapi tau enggak, kalo cara ini sebenernya kurang baik?

Tahu kenapa?

Air liur mengandung enzim yang berasal dari kelenjar saliva yang bisa bikin bibir malah makin kering. Enzim tersebut adalah amilase dan maltase. Di enzim ini ada semacam asam yang fungsi sesungguhnya untuk menghancurkan makanan. Paparan enzim ini melalui air liur yang digunakan untuk ngebasahin bibir bikin bibir lembab jadi kering.

Kebayang enggak pengaruhnya pada bibir yang udah kering?

Jadi sebisa mungkin hindari membasahi bibir dengan air liur saat rasa kering menerpa. Cara yang disarankan untuk ngatasin bibir kering antara lain: pemakaian lip balm, banyak makan buah berair dan sayuran serta memperbanyak asupan cairan.

lip balm

Lip balm bisa digunakan, dengan catatan, lip balm yang digunakan adalah jenis natural. Tanpa pewarna dan tanpa perasa. Nanti bisa ngebatalin puasa kalo ada perasanya..

Tapi kekurangan lipbalm, mau ada perasanya atau enggak, mau ada pewarnanya atau enggak tetep aja judulnya ‘bahan kimia’. Kecuali kamu enggak terlalu keberatan memakai bahan kimia dalam jangka panjang, pemakaian lipbalm ini bisa dicoba.

Kalo kamu tipe naturalis abis yang menyukai bahan-bahan alami, alternatif kedua bisa dicoba. Banyak konsumsi buah yang mengandung air seperti timun, apel, jeruk dan lain sebagainya di waktu sahur. Selain bisa mencegah bibir jadi kering, tubuh juga jadi sehat, karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Tapi lagi, kalo kamu golongn anak kos yang buat motokopi aja kurang duit, jadinya susah buat nyetok buah segar buat dikonsumsi, cara terakhir yang murah meriah bisa kamu praktekkan.

Banyak minum air putih bening.

Cara ini bisa dikatakan paling efektif. Karena selain mengeliminasi penyebab bibir kering (kekurangan cairan) biaya yang diperlukan enggak sebesar cara pertama dan kedua.

Banyak minum air bening juga bisa menjaga kelembaban kulit

Kebutuhan air minum dalam sehari kurang lebih 2 liter perhari. Bisa kurang atau lebih tergantung faktor lingkungan, terlalu panas atau enggak. Dengan asumsi 1 gelas yang biasa kita pakai adalah 200cc, maka kita baiknya minum 10 gelas per hari.

minum-air-putih

Kalo dihitung pas buka puasa kamu minum 6 gelas, berarti pas sahur kamu harus maksain minum sampe 4 gelas. Kalo buka minum ampe 8 gelas, pas sahur minimal minum 2 gelas.

Boleh lebih, enggak boleh kurang.

Sekarang udah tahu cara ngatasin biar bibir enggak terlalu kering pas puasa, siap menginformasikan ke kenalan dan kerabat kamu?

Happy sharing!

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

 

, ,

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes