Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Keju: Bikin Gigi Sehat? Serius?

hero-cheese

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam General Dentistry edisi Mei/ Juni menunjukkan bahwa mengkonsumsi keju dapat melindungi gigi dari kemungkinan gigi berlubang.

Penelitian melibatkan 68 partisipan -dengan rentang usia 12 hingga 15 tahun-  yang dipilih secara acak, dan dibagi menjadi 4 kelompok yang mengkonsumsi berbagai jenis makanan: yogurt-bebas-gula, susu, keju dan parafin sebagai kelompok kontrol.

Parafin kan lilin? Emang bisa dimakan? Bukan. Bukan parafin yang lilin. Itu sih emang gag bisa dimakan. Tapi ada jenis parafin yang bisa dimakan (edibel). Tahu gag kalo ‘pembungkus’ sosis itu termasuk jenis parafin?

‘Plastik’ pembungkus sosis termasuk jenis parafin yang bisa dimakan (edibel)

Kembali ke penelitian yang dibahas sebelumnya. Jadi, ternyata setelah diteliti, kelompok yang mengkonsumsi susu, yogurt dan parafin tidak menunjukkan peningkatan nilai pH mulutnya. Sedangkan pada kelompok yang mengkonsumsi keju, menunjukkan peningkatan nilai pH pada setiap interval penilaian. Hal ini mengindikasikan kalo keju memiliki kemampuan mencegah lubang gigi.

Kok bisa?

Tampilkan lebih banyak

Seperti yang dibahas di buku doktergigigaul yang ini, salah satu penyebab terjadinya gigi berlubang adalah suasana mulut yang ‘asam’. Suasana asam ini ditunjukan dengan nilai pH yang rendah. Umumnya di bawah 5.5.

Nah, kan disebutkan sebelumnya kalo pada kelompok penelitian yang mengkonsumsi keju, nilai pH mulutnya mengalami kenaikan. Jadi kemungkinan untuk karies bisa terjadi semakin berkurang.

Semakin tinggi nilai/ kadar pH dalam mulut, keadaan mulut semakin tidak asam (basa)

Menurut jubir Academy of General Dentistry, Dr. Seung-Hee Rhee, keju dapat dipertimbangkan sebagai pencegah gigi berlubang karena peningkatkan pH. Namun perlu dipertimbangkan bahwa peningkatan nilai pH bisa aja memang diakibatkan karena kandungan bahan tertentu dalam keju atau terjadi gegara aktivitas mengunyah.

Sayangnya, gag disebutin secara spesifik, apa jenis keju yang diberikan pada kelompok percobaan. Soalnya, takutnya hanya keju tertentu yang memiliki ‘kemampuan’ mencegah gigi berlubang. Gag semua keju memiliki keistimewaan tersebut.

Apapun itu, boleh dicoba buat mulai rajin mengkonsumsi keju lewat roti keju 1000-an yang ada di warung deket rumah untuk penghematan biaya 😀

Siapa tahu kamu beruntung, bahwa ‘keju’ isi roti 1000-an tersebut sama efektifnya dalam mencegah gigi berlubang dengan keju mahal yang ada di pasaran..

Tertarik? Let me know, if you have tried, yes..

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

sumber artikel

, ,

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes