Kanker Mulut: Masalah Serius Yang Sering Luput

kanker-mulut

Kanker mulut adalah kanker yang berkembang dan mengenai seluruh bagian di mulut, meliputi bibir, gusi, lidah, dinding mulut, dan langit-langit mulut atau dasar mulut. Sayangnya kanker ini sering luput dari perhatian.


Isinya mulut gak cuman gigi, tapi juga ada yang namanya mukosa (jaringan lunak) seperti: bibir, pipi, langit-langit gusi, langit-langit dan dasar mulut. (Seluruh) Mukosa mulut, dalam kondisi normal, umumnya dapat dideskripsikan dengan 6 kata, yaitu : “lembab”, “lembut”, “merah muda”, “elastis”, “halus”, “berkesinambungan”1. Jika salah satu dari 6 kata tersebut ada yang ‘hilang’, berarti terdapat ketidaknormalan pada mukosa mulut. Mukosa mulut gak normal? Kemungkinan kanker mulut mengintai..
Kanker mulut adalah masalah serius di bidang kesehatan gigi dan mulut. Menurut data  yang dilansir National Cancer Institute, di Amerika terdapat 8.000 kematian dari 41.000 kasus kanker mulut, Setiap tahunnya!

1 dari 5 orang di Amerika meninggal akibat kanker mulut, setiap jamnya

Bahaya dari kanker mulut mulut adalah, pada stadium awal mukosa mulut yang terkena tidak sakit, tidak geli, tidak terdapat koreng, sehingga sulit dideteksi. Hal ini diperparah dengan belum adanya metode deteksi dini untuk kanker mulut. Umumnya pasien datang dengan kondisi kanker mulut yang sudah parah, menyebabkan buruknya kemungkinan untuk sembuh.

Berbeda dengan kanker serviks, yang meskipun sama-sama minim gejala dan keluhan pada stadium awal, bisa dideteksi secara dini menggunakan metode papsmear.

Merokok dan mengkonsumsi alkohol adalah penyebab utama munculnya penyakit ini, tetapi terdapat 25 persen dari penderita kanker mulut yang bukan disebabkan kedua hal tersebut. Penyebab lain kanker mulut? Virus.

Virus yang dicurigai sebagai penyebab kanker mulut adalah HPV (Human Papilloma Virus)

Saat ini, pencegahan, pemeriksaan, dan pengobatan dini sangat berguna untuk mengurangi tingkat kematian yang disebabkan oleh kanker mulut. Kanker mulut pada stadium dini/ awal jika mendapat penanganan dini, dapat membuahkan hasil yang baik.

Peng Xiao Chi,  seorang ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou,mengatakan, pengobatan kanker yang terbaik adalah dengan melakukan konsultasi dengan tim medis yang ahli, serta menggunakan metode minimal invasif. Peng juga mengatakan, pengobatan kanker yang terbaik adalah dengan menggabungkan satu atau beberapa metode, radioterapi, kemoterapi dan atau bedah, untuk melakukan pengobatan. Metode perawatan yang komprehensif ini dapat memaksimalkan tingkat kesembuhan.

Ayo #waspada_kanker_mulut dari sekarang!

Salam hangat,

Doktergigigaul

 

 

, ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes