Kandidiasis Oral – Faktor Penyebab dan Resiko

Kandidiasis oral memiliki faktor penyebab dan faktor resiko. Masih belom mudeng? Langsung aja capcus dibaca!


Faktor penyebab adalah faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kandidiasis oral, sedangkan faktor resiko adalah faktor-faktor yang menyebabkan resiko kandidiasis oral muncul di mulut menjadi lebih besar.
Mungkin, beberapa dari kamu bingung, kenapa doktergigigaul ngebahas soal faktor penyebab kandidiasis oral. Soalnya kan, udah jelas dibahas di pendahuluan, kalo penyebab kandidiasis oral adalah spesies fungi Candida yang ada di rongga mulut.

Emm, emang bener sih. Atau lebih tepatnya, sebagian bener.

Tampilkan lebih banyak

Penyebab kandidiasis oral memang fungi Candida yang ada di rongga mulut -terutama C. albicans-, tapi gag langsung jadi begitu aja prosesnya. Candida (albicans) bisa menyebabkan terjadinya kandidiasis oral, dipengaruhi 3 faktor, yaitu:

Status imun (pertahanan tubuh) pasien.

Adanya gangguan akibat penyakit imun atau adanya pemakaian obat-obatan imunosupresif atau karena faktor usia.

Kondisi lingkungan mukosa oral.

Adanya serostomia (kekeringan di mulut, atau penggunaan geligi tiruan, kebiasaan buruk seperti merokok atau Oral Hygiene yang buruk.

Strain Candida albicans

Beberapa ilmuwan meyakini ada strain tertentu dari Candida albicans yang bertanggung jawab sebagai penyebab kandidiasis oral, tergantung faktor resiko yang nantinya akan dibahas juga oleh doktergigigaul.

Ketiga faktor tersebut saling berhubungan. Jadi pemahaman ceritanya begini: Anggap doktergigigaul punya Candida albicans di rongga mulut. Apa pasti doktergigigaul bakalan mengalami kandidiasis oral? Enggag! Soalnya, bisa jadi sistem pertahanan tubuh doktergigigaul lagi bagus. Atau kondisi mukosa oral doktergigigaul fine-fine aja tanpa ada hal seperti yang disebutkan diatas, makanya kandidiasis oral gag akan muncul.

Sama kayak karies. Kalo ada bakteri Streptokokus, tapi gag ada sisa makanan yang tertinggal di gigi yang bisa di’olah’ oleh bakteri, atau gag ada pit dan fisur yang terlalu dalam pada anatomi gigi sebagai tempat bersarang dan berlindungnya kuman dari pembersihan, gimana lubang pada gigi mau muncul?

Penyebab kandidiasis oral adalah multifaktorial

Selain faktor pencetus munculnya kandidiasis oral, ada juga faktor resiko. Seperti yang disebutkan sebelumnya, faktor resiko adalah faktor yang meningkatkan resiko atawa memperbesar kemungkinan terjadinya kandidiasis oral.

Faktor-faktor resiko tersebut adalah:  (Akpan and Morgan, 2002).

  • Defisiensi nutrisi
  • Kehamilan
  • Protesa <gigi tiruan>
  • diet karbohidrat tinggi
  • Usia muda <bayi> dan usia tua <lansia>

Faktor resiko ini memperbesar kemungkinan hadirnya faktor penyebab. Meskipun, gag berarti orang tanpa faktor resiko gag akan terkena kandidiasis oral. Cuman aja, kemungkinan terkenanya jadi kecil.

Tunggu bagian selanjutnya tentang kandidiasis oral ini  ya..

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

, , , , , , ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes