Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Jaga Kebersihan Sikat Gigi? Cobain Cara Ini!

fc00_deviantart_net

Kalo kamu masih beranggapan sikat gigi kamu terjaga kebersihannya karena udah di’helm’in, mungkin, kamu perlu (segera) diruqyah. Biar kesehatan gigi dan mulut kamu gak kelamaan berada dalam posisi berbahaya.

Nge-helm-in bisa membuat kepala sikat berada dalam lingkungan yang lembap, yang mana daripada, sangat mendukung bakteri ‘kurang baik’ -penyebab penyakit dan peradangan- di rongga mulut, yang nempel di sikat gigi, untuk berkembang biak. Akibatnya? Setiap kamu menyikat gigi, bakteri kurang baik yang telah memperbanyak diri tersebut, berpindah ke dalam rongga mulut dan menekan bakteri baik rongga mulut. Mulut dan gigi kamu otomatis romantis rentan terhadap penyakit seperti radang gusi dan atau lubang gigi.

Penyakit bisa muncul di rongga mulut, ketika jumlah bakteri ‘kurang baik’ lebih banyak dari bakteri ‘baik’.

Nah, biar sikat gigi kamu bersih beneran sekaligus kesehatan gigi dan mulut kamu juga aman sentausa, doktergigigaul nyiapin beberapa tips buat ngejaga kebersihan sikat gigi yang bisa kamu pilih untuk ikuti dan praktekan.

Satu

Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun pencuci tangan sebelum menyikat gigi. Tangan yang bersih = sikat gigi yang bersih

Dua

Siram sikat gigi dengan air panas sebelum dan sesudah menyikat gigi. Hal ini untuk memastikan bakteri yang ada mati karena suhu panas tersebut. Pastikan gag cuma disiram gitu aja, tapi yakinkan kalo semua kotoran dan sisa makanan yang ada di sikat gigi telah terbersihkan.

Tiga

Seminggu sekali, rendam sikat gigi dalam larutan obat kumur antibakteri (antibacterial mouthwash) semalaman. Paginya setelah direndam, bersihkan sikat dengan air panas, lalu diayun ayun selama 30 detik, ke arah depan dan belakang.

Empat

Selalu letakkan sikat gigi dalam posisi tegak berdiri agar sisa air yang ada di kepala sikat dan bulu sikat  luruh ke bawah.  Jadi nantinya suasana di kepala sikat gigi gag lembab. Sama seperti soal helm sebelumnya, kita berusaha mencegah supaya tidak ada suasana lembab.

Tahu gag? Menurut Dental Association, sikat gigi yang bersih akan melindungi Anda dari penyakit seperti virus dan flu.

Terakhir untuk memastikan sikat gigi juga bersih dalam jangka panjang, ganti sikat gigi tiap 3-4 bulan sekali. Meskipun masih terlihat baik atau bulunya enggak mekar, tetapi kondisi kebersihannya ga terjamin kalo kelamaan gak diganti.

 

 

, , , , , , , ,

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes