Hubungan Kehamilan dan Kesehatan Gigi

dental-health-pregnancy

Katanya, setiap kehamilan bakal nyebabin seorang wanita kehilangan satu giginya. Ini mitos atau fakta? Emang kehamilan bisa berpengaruh terhadapĀ kesehatan gigi? Gimana caranya?

Well, my friend, soal kehilangan gigi itu, cuman mitos. Tapi, soal kehamilan mempengaruhi kesehatan gigi seorang wanita, itu fakta!

Setiap wanita hamil, umumnya akan mengalami gangguan kesehatan mulut. Hal ini disebabkan terjadinya peningkatan hormon -estrogen dan progesteron- yang berhubungan dengan reaksi gingiva alias gusi, terhadap plak.

Plak yang tidak dibersihkan dengan baik akan menyebabkan gingivitis

Plak yang tidak dibersihkan dengan baik akan menyebabkan gingivitis, suatu peradangan gusi yang ditandai dengan gejala dan gambaran klinis berupa pembengkakan gusi, berwarna kemerahan dan cenderung untuk mudah berdarah.

Lagi nonton tv doang, ujug-ujug berdarah. Gag ada angin, gag ada badai.

Meskipun sebelum hamil kamu ngerasa kesehatan dan keadaan gigi mulut kamu berada dalam kondisi prima, bukan berarti kamu gag akan mengalami gingivitis. Tahu gag, kalo saking sering dan banyaknya kejadian gingivitis pada ibu hamil, menyerang wanita yang sebelumnya gusinya fine-fine aja, sampai ada istilah gingivitis kehamilan (pregnancy gingivitis), yang umumnya mulai muncul pada bulan kedua kehamilan.

Yang mana daripada, gingivitis kehamilan ini akan semakin berada dalam keadaan yang parah, jika sebelum hamil kamu memiliki masalah kesehatan gusi.

Kalo gingivitis ini dibiarin aja? Akan berkembang menjadi kondisi yang lebih parah, menyerang jaringan pendukung gigi (periodontal) dan nyebabin periodontitis.

Ini bukan hal yang baik. Bukan hal yang baik sama sekali..

Gingivitis yang tidak dilakukan intervensi perawatan, akan berkembang menjadi periodontitis

Kehamilan gag cuman nimbulin kondisi gingivitis dan periodontitis, tapi juga kondisi lainnya seperti tumor. Bukan, bukan tumor ganas yang sering diasosiasikan dengan kanker, tetapi pembesaran jaringan tertentu di tubuh – dalam hal ini rongga mulut.

Tumor ini biasanya akan menyusut saat persalinan telah dilewati. Tapi kalo tumor tersebut menganggu kenyamanan dan ativitas mulut, seperti makan dan bicara, selama kehamilan, doktergigi akan menghilangkan tumor tersebut secara profesional.

Sementara kayaknya sekian dulu. Ada yang masih ingin kamu ketahui? Jangan ragu ngubungin via media sosial atau e-mail.

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

Source link

, , ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes