Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Penanganan Gigi Susu: Tanya Ini, Tanya Itu

baby_teeth_adult_teeth_differences

Gigi susu hilang (dan berganti) pada awal awal tumbuh kembang. Namun, bukan berarti gag perlu diperhatikan, karena justru masa depan gigi permanen bergantung pada penanganan gigi susu yang baik.

Gigi susu menyediakan serta menjaga ruangan yang diperlukan untuk pertumbuhan gigi permanen, yang nantinya berperan dalam pencapaian fungsi bicara yang baik. Tanpa ketersediaan dan kecukupan ruangan untuk tubuh, dapat menyebabkan crowding atau malposisi dari gigi permanen.

Berantakan, Cuy.

Gigi susu juga berperan sebagai sarana pembelajaran menjaga gigi geligi dengan baik dan benar

Gigi susu perlu dijaga dengan baik, perlu dijaga dengan benar.

Akibat gagal menjaga dan merawt gigi susu dapat menyebabkan keluarnya banyak biaya untuk perawatan gigi permanen yang pertumbuhannya terganggu sebagai efek tatalaksana gigi susu yang kurang baik.

Kapan gigi susu pertama kali muncul?

Umumnya, gigi susu tumbuh dan terlihat pertama kali pada usia 6 hingga 7 tahun. Tapi ini bukan harga rata-rata mati, bisa dinego lebih cepat atau lebih lambat.

Umur 3 tahun biasanya semua gigi susu udah mulai lengkap muncul di dalam mulut. Selanjutnya gigi susu tersebut mulai berguguran karena proses pertumbuhan gigi permanen telah dimulai. Peristiwa pergantian ini dapat terjadi sampai usia 12 hingga 13 tahun

Gimana ngatasin rasa nyaman saat erupsi gigi?

Antara usia 6 bulan hingga 3 tahun anak mungkin ngalamin rasa gag nyaman pada gusi akibat erupsi gigi. Meskipun enggag semua anak ngalamin, tetapi pada umumnya sebagaian besar anak ngalamin rasa gag nyaman ini.

Tanda tanda erupsi gigi antara lain: ngiler berlebihan, gelisah, gusi yang memerah dari warna merah muda yang normal, menggigit gigit mainan atau makanan sampai kekurangan nafsu makan.

Ada beberapa cara ngatasin rasa gag nyaman ini. Anak bisa disuruh menghisap-hisap kain yang telah direndam air dingin. Atau, even better, kasih mainan khusus yang udah dirancang untuk ngatasin masalah ini. Tetapi, berkonsultasilah dengan dokter gigi untuk menentukan mana cara yang paling baik dan nyaman untuk diterapkan ke anak.

Salah tehnik, kondisi gigi bisa jadi korban.

Berantakan. Cuy.

Apakah gigi anak yang goyang memang sebaiknya dicabut?

Untuk jawaban pertanyaan yang satu ini, kamu bisa baca penjelasan lengkapnya di buku DokterGigiGAUL yang ini

Semoga sedikit banyak bisa bermanfaat ya..

Source link

, , ,

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes