Hipersensitivitas Tipe 1

allergies-word-cloud

Hipersensitivitas artinya sensitif yang  berlebihan. Apa yang terlalu sensitif? Sistem kekebalan/ pertahanan (imun) tubuh. Jadi maksudnya, sistem imun seseorang terlalu sensitif dalam bereaksi terhadap sesuatu secara berlebihan, akhirnya merubah fungsi sistem imun yang seharusnya melindungi, menjadi merusak tubuh.

Hipersensitivitas dibagi menjadi 4 tipe, dari 1 hingga 4. Fokus saat ini, ngebahas hipersensitivitas tipe 1 dulu.

IgE

IgE

Hipersensitivitas tipe 1 sering banget dihubungin sama antibodi IgE (Immunoglobulin E), makanya hipersensitivitas tipe 1 sering juga disebut IgE-mediated (diperantarai IgE). Selain itu sering juga diistilahkan dengan Immediate, karena sifat reaksinya yang ‘segera’ alias dalam waktu singkat

Tapi orang awam lebih mengenal hipersensitivitas tipe 1 dengan istilah alergi, karena umumnya reaksi alergi diperantarai oleh IgE.

Antibodi di tubuh? Imunoglobulin Alpha, Imunoglobulin Delta, Imunoglobulin Epsilon, Imunoglobulin Gamma, Imunoglobulin Mu. 

IgA, IgD, IgE, IgG, IgM.

Kata alergi, kalo diakarin, asalnya dari 2 kata dalam bahasa latin, allos yang artinya asing dan ergon yang artinya reaksi. Kasarnya, alergi berarti reaksi terhadap sesuatu yang asing. Benda asing, berasal dari luar tubuh, yang memasuki tubuh karena terhirup, tertelan atau berkontak dengan kulit. Benda asing ini secara umum disebut antigen. Tapi, kalo nyebabin reaksi alergi, disebutnya alergen.

Contoh alergen: serbuk bunga, gigitan serangga, obat-obatan, makanan atau lateks (bahan (sarung tangan) karet).

Yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah beberapa hal berikut. Pertama, alergi punya kecenderungan predisposisi genetik. Maksudnya cenderung diwariskan dalam keluarga. Dari Kakek ke Bapak, Bapak ke Anak atau Kakek ke Cucu. Kedua, reaksi alergi secara spesifik adalah reaksi hipersensitivitas dari sel T helper, yang bakal kita bahas lebih detail nantinya, dan terjadi dalam 2 tahap: Paparan awal dan paparan lanjutan. Paparan awal diistilahkan secara ilmiah dengan sensitisasi atau reaksi sensitisasi.

Tampilkan lebih banyak





, ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes