Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Gigi Susu Gag Ganti-Ganti Aja? Mungkin Ini Penyebabnya!

shark-teeth-children-1

Pernah gak kamu penasaran kenapa gigi (susu) anak, adek atau ponakan kamu kok gak ganti-ganti? Padahal temen seusianya yang laen udah ganti ampe 3-4 gigi, atau hasil googling menginfokan kalo gigi susu tersebut harusnya udah terganti?

Well, ada beberapa kemungkinan yang melatarbelakangi hal ini..

Pertama, kamu harus tahu kalau gigi susu berganti gag cuman gegara udah takdir. Info yang mengatakan, ‘kalo umur dah sekian, gigi yang ini tergantikan’ itu gag seluruhnya tepat. Ada beberapa faktor lain yang terlibat. Antara lain, rangsangan, gizi dan juga benih

Faktor yang terlibat dalam pergantian gigi? Rangsangan, gizi dan benih

Rangsangan disini maksutnyah, ada sesuatu yang menyebabkan gigi susu ‘memanggil’ gigi penggantinya. Berupa apa? Tekanan dari gigi lawannya. Saat mengunyah atau bicara, gigi atas atau bawah kan saling beradu. Peraduan gigi susu tersebut merangsang gigi tetap penggantinya untuk tumbuh.

Masalahnya pada anak anak dengan gigi geligi yang rusak (berat), proses ini gak terjadi. Rangsangan hanya terjadi saat makan, oleh makanan yang menekan gigi yang rusak tersebut. Sehingga proses pergantian gigi terlihat lama.

Selanjutnya gizi. Percaya gak percaya, anak yang kekurangan gizi gegara banyak makan junkfood dan makanan yg itu itu aja -yang gak ada gizi yang cukup- bakal ngalamun pervantuan gigi yang gak sesuai teori. Gizi itu mempengaruhi pertumbuhan, baik badan maupun gigi.

Terakhir soal benih. Segimanapun kamu berharap gigi susu akan terganti, kalo gag ada benih/calon penggantinya, ya gak akan keganti. Walaupun udah copot, tetap aja gag akan terganti.

Ibarat baru putus pacar, dan gak ada penggantinya, hati kamu bakal kosong terus kan, Mblo..

Nah, buat memastikan yang mana yang jadi penyebab gigi susu anak,adek atau ponakan gak keganti-ganti aja, coba segera silaturahmi ke doktergigi terdekat dan konsultasiin sama doktergiginya.

Ngebiarin masalah gak akan menyelesaikan masalah, cuma membuat endapan masalah menjadi semakin banyak dan akhirnya menimbulkan masalah baru.

 

Tetap semangat!
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam hangat,
DokterGigiGAUL

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes