Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Archive | Ilmiah

Hubungan Kehamilan dan Kesehatan Gigi

dental-health-pregnancy

Katanya, setiap kehamilan bakal nyebabin seorang wanita kehilangan satu giginya. Ini mitos atau fakta? Emang kehamilan bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi? Gimana caranya? Well, my friend, soal kehilangan gigi itu, cuman mitos. Tapi, soal kehamilan mempengaruhi kesehatan gigi seorang wanita, itu fakta! Setiap wanita hamil, umumnya akan mengalami gangguan kesehatan mulut. Hal ini disebabkan terjadinya peningkatan […]

Baca artikel ini

Keju: Bikin Gigi Sehat? Serius?

hero-cheese

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam General Dentistry edisi Mei/ Juni menunjukkan bahwa mengkonsumsi keju dapat melindungi gigi dari kemungkinan gigi berlubang. Penelitian melibatkan 68 partisipan -dengan rentang usia 12 hingga 15 tahun-  yang dipilih secara acak, dan dibagi menjadi 4 kelompok yang mengkonsumsi berbagai jenis makanan: yogurt-bebas-gula, susu, keju dan parafin sebagai kelompok kontrol. Parafin kan lilin? […]

Baca artikel ini

Siwak: Kayu Ajaibnya Kedokteran Gigi Mulut

eanrmwzsy5tz1ckwqyep

Siwak merupakan alat alternatif untuk pembersihan gigi selain sikat gigi (plus pasta gigi) konvensional. Tetapi, pengaruh utamanya bukan cuman membuat gigi jadi bersih aja, lho. Siwak punya pengaruh anti bakteri, anti jamur hingga anti virus yang mumpuni juga!

Baca artikel ini

Kandidiasis Oral: Jamuran di Mulut

Kandidiasis oral berupa plak putih menyerupai krim susu pada mukosa bukal kanan

Kandidiasis oral sering muncul tanpa disadari, baik oleh pasien maupun dokter gigi. Saatnya mengetahui apa, kenapa dan bagaimana seputar kandidiasis oral. Okeh, yang pertama perlu dipastikan adalah jamuran disini bukan pakaian yang lagi dikeringin abis dicuci, tapi merupakan infeksi yang ditimbulkan oleh mikroorganisme jamur yang ada di rongga mulut. Okesip? Markilai. Mari kita mulai..

Baca artikel ini

8 Langkah Skrining Kanker Mulut

oral cancer screening spesialis penyakit mulut

Kanker Mulut merupakan salah satu permasalahan serius yang sering tidak terseriusi. Lakukan pencegahan, sekarang! Banyak kasus kanker mulut berujung duka hanya karena pasien atau orang-orang dekatnya terlambat menyadari. Kasus kanker mulut bisa dicegah dan harus dicegah. Lakukan skrining kanker mulut, sekarang! Skrining? Colokan listrik? Bukan, my friend, itu sikring. Walaupun tujuannya sedikit sama, yaitu sebagai pencegah […]

Baca artikel ini

Nyeri Alih Infeksi Gigi

sakit-kepala-550x323

Infeksinya di gigi, yag sakit malah bagian lain di kepala dan leher? Kok bisa? Gigi, kalo lagi kena injeksi, eh infeksi, bisa nimbulin rasa nyeri di daerah rongga mulut dan sekitarnya. Tapi, ‘dan sekitarnya‘ disini mengandung makna yang luas. Bisa mengenai kepala, mata hingga telinga! Nyeri yang timbul di daerah ‘dan sekitarnya’ itu, yang dimaksut […]

Baca artikel ini

Tumbuh Gigi Pertama Bayi

Tumbuh Gigi Pertama Bayi

Bayi mendadak rewel, suka ngences dan suka gigit-gigit jari atau barang disekitarnya? Gak perlu bingung, mungkin cuman giginya aja mau tumbuh. Gimana cara ngatasinnya? Dibahas beberapa di video ini. Enjoy!

Baca artikel ini

Memilih Sikat Gigi Yang ‘Tepat’

Memilih Sikat Gigi Yang Tepat

Dari waktu ke waktu, sikat gigi selalu mengalami inovasi dengan berbagai kelebihan. Jadi, sikat gigi mana atau apa yang ‘tepat’ untuk digunakan? Temukan jawaban dan panduan pemilihan sikat gigi di video ini

Baca artikel ini

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes