Kenapa Mulut Bau Saat Bangun Tidur Di Pagi Hari?

Semua orang pasti setujuh, kalo setiap kali bangun tidur, salah satu hal yang disadari adalah munculnya bau mulut. Padahal sudah sikat gigi malam sebelum tidur. Kenapa ya, paginya mulut masih bau?

Air liur secara normal akan membersihkan rongga mulut dari bau yang dihasilkan bakteri. Pada saat tidur, produksi air liur berkurang karena tidak adanya gerakan mulut seperti berbicara dan makanyang bisa merangsang keluarnya air liur di dalam mulut, sehingga rongga mulut lebih kering dan bau yang dihasilkan bakteri semakin menyengat. Itulah mengapa, semakin kering rongga mulut, maka semakin bau mulutmu.

Hal ini juga yang menjelaskan mengapa kita sering bau mulut saat puasa.

Saat puasa aktivitas pergerakan mulut berkurang, sehingga produksi air liur juga berkurang

Kondisi ini akan semakin parah bagi yang mengorok atau bernapas lewat mulut saat tidur. Kondisi ini memperparah kekeringan di mulut dan napas jadi lebih bau daripada mereka yang tidak mengorok dan bernapas lewat hidung.

Umumnya, bau mulut saat bangun tidur di pagi hari adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Tapi bau mulut juga bisa jadi indikasi masalah kesehatan yang perlu kamu waspadai seperti misalnya infeksi gusi yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Bau mulut juga bisa mengindikasikan penyakit gastrointestinal.

Bau mulut bisa jadi indikator masalah kesehatan yang perlu kamu waspadai Click To Tweet

Tapi selama bau mulut masih wajar dan tidak terlalu busuk, dan hilang setelah kamu minum air putih cukup dan sikat gigi, gag ada yang perlu dikhawatirkan.

Kalau masih ada yang kurang jelas langsung aja tanyain ke dokter gigi terdekat atau doktergigi langganankamu!

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

Baca artikel ini

Membersihkan Gigi Tiruan/ Palsu? Begini Cara Yang Baik

Membersihkan gigi tiruan/palsu yang baik ada caranya tersendiri yang sebaiknya diketahui untuk menjadikan gigi tiruan awet dan selalu nyaman dipakai!

Meskipun banyak orang yang sudah menggunakan gigi tiruan atau palsu, baik hanya sebagian gigi maupunseluruhnya, namun masih sangat sedikit sekali yang menyadari, bahwa sangat penting menjaga kebersihan gigi tiruan tersebut, agar terhindar dari infeksi mulut dan penyakit mulut lainnya.

Gigi tiruan dibersihkan seperti layaknya membersihkan gigi asli. Jadi selain dengan cara digosok yang paling penting adalah dilakukan secara rutin.

Gigi tiruan dibersihkan seperti layaknya membersihkan gigi asli

Umumnya, gigi tiruan yang udah bertengger lama di dalam mulut, telah terlapisi biofilm dari bakteri, sehingga harus dibersihkan untuk menjaga kesehatan mulut. Beberapa bakteri yang terdapat di dalam biofilm tersebut diantaranya adalah MRSA (Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus).

MRSA adalah bakteri Staphylococcus aureus –yang mampu masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan infesi paru-paru dan komplikasi penyakit lainnya- dan telah resisten terhadap antibiotik golongan -cillin.

Beberapa peneliti dari Araraquara Dental School dari Universitade Estadual Pasulista di Sao Paolo, Brazil,  telah membuktikan metode berikut ini sangat efisien dalam membunuh bakteri yang berada di permukaan gigi tiruan.

Berikut saran dari mereka:

  • Bersihkan gigi tiruan di dalam oven microwave.  Peneliti menyatakan bahwa dengan menaruh gigi tiruan di dalam microwave oven selama 3 menit pada kekuatan 650 watt, akan menghilangkan bakteri secara tuntas.
  •  Bilas gigi tiruan dengan larutan 2% chlorhexidine gluconate. Menurut peneliti, larutan ini juga mampu menghilangkan bakteri secara tuntas

Tapi, kalau kamu gak punya microwave, karena listrik rumah gak mendukung pemakaiannya -kayak rumah doktergigigaul #batuk  – minimal sikat gigi tiruan menggunakan sikat gigi tanpa odol setiap malam menjelang mau tidur.

Kalo bisa usahain supaya sikat gigi yang dipake bukan atau berbeda dari sikat gigi yang biasa dipakai sehari-hari.

Larutan 2% chlorhexidine gluconate tersedia di pasaran dalam nama dagang, yang digunakan sebagai obat kumur. Googling aja dulu untuk cari tahu nama dagangnya kalau kamu berencana buat beli larutan ini.

Kalau ada yang masih mau ditanyakan jangan ragu menghubungi doktergigigaul via media sosial vaforit kamu yes..

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

Baca artikel ini

Mulut Bau Setelah Makan Petai atau Jengkol? Kunyah Ini Saja!

Jengkol dan petai. Dua makanan ini, buat beberapa orang, punya rasa yang ajip. Sayangnya, sebagian orang lagi memilih untuk menghindari jengkol dan petai karena baunya. Bau kedua makanan ini sangat susah dihilangkan, juga akan bertahan cukup lama di mulut.

Nah, jika kamu suka banget kedua makanan ini tapi malas mulut jadi bau berikut ada tips untuk ngilangin bau mulutnya. Ada dua bahan makanan yang ampuh menghilangkan bau mulut setelah menyantap kedua makanan ini lho.

Ada dua bahan makanan yang ampuh menghilangkan bau mulut setelah menyantap jengkol dan atau petai

Yang perlu kamu sediakan adalah timun atau beras.

Kamu disarankan untuk mengunyah timun atau beras yang belum dicuci sampai halus di mulut. Kedua cara ini dinilai sangat ampuh dalam menghilangkan bau petai dan jengkol yang membandel.

Dari kedua cara tersebut, katanya, mengunyah beras dianggap yang paling efektif. Bahkan air beras juga digunakan untuk memasak jengkol agar baunya tak menyengat. 
Mengunyah beras dianggap efektif menghilangkan bau mulut setelah mengkonsumsi jengkol atau petai Click To Tweet

Nah, selamat mencoba tips ini. Say good bye deh sama bau mulut setelah makan petai dan jengkol.

Semoga bermanfaat!

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

sumber: dari sini

Baca artikel ini

4 Hal Tentang Kanker Mulut Yang Penting Untuk Diketahui

Kebanyakan orang sudah ‘ngeh’ sama kanker payudara atau serviks. Tapi masih sedikit yang mengetahui mengenai kanker mulut.

Lihat video

Ketahui tentang KANKER MULUT, lalu hindari atau cegah mulai sekarang!

 

 

Bagaimana cara skrining kanker mulut sederhana di rumah? Klik tombol lihat artikel di bawah!

Lihat Artikel

Ada yang ingin ditanyakan? Cari dan hubungi DokterGigiGAUL di Social Media favorit kamu!

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

Baca artikel ini

Yuk, Daur Ulang Sikat Gigimu!

Sikat gigi kamu udah gak nyaman ? Bulu sikatnya sudah ngembang? Jangan langsung dibuang. Mending, di daur ulang! Ayo cari tahu di videoblog ini!

Lihat video

 

Sampah plastik, termasuk sikat gigi bekas kamu, baru akan selesai didaur ulang oleh alam dalam 10-12 tahun. Kebayang gak berapa banyak sampah plastik yang bakal numpuk kalo kamu gag nge-daur ulang sikat gigi kamu?

Daur ulang sikat gigi bekas jadi gelang. Gaya penampilan anti-standar, hati jadi senang!

Salam hangat,

DokterGigiGAUL

Baca artikel ini

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

artikel kesehatan gigi dan mulut lansia,balai kesehatan gigi dan mulut makassar,booklet kesehatan gigi dan mulut,bpjs kesehatan gigi dan mulut,buku kesehatan gigi dan mulut,bulan kesehatan gigi dan mulut,buruknya kesehatan gigi dan mulut,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut lansia,cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,cerita kesehatan gigi dan mulut,contoh kesehatan gigi dan mulut,contoh makalah kesehatan gigi mulut,d3 kesehatan gigi dan mulut unair,data kesehatan gigi dan mulut menurut who,data kesehatan gigi dan mulut nasional,definisi kesehatan gigi dan mulut ebook download,definisi kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,definisi kesehatan gigi dan mulut menurut who,dinas kesehatan gigi dan mulut bandung,ebook kesehatan gigi dan mulut,edukasi kesehatan gigi dan mulut,epidemiologi kesehatan gigi dan mulut,esai kesehatan gigi dan mulut,evaluasi kesehatan gigi dan mulut,flipchart kesehatan gigi dan mulut,formulir kesehatan gigi dan mulut,forum kesehatan gigi dan mulut,fungsi kesehatan gigi dan mulut,gambar kesehatan gigi dan mulut,gambaran kesehatan gigi dan mulut,gangguan kesehatan gigi dan mulut,gangguan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,hari kesehatan gigi dan mulut,hari kesehatan gigi dan mulut dunia,hari kesehatan gigi dan mulut nasional,hari kesehatan gigi dan mulut sedunia,hubungan kesehatan gigi dan mulut dengan perilaku,ibu hamil dan kesehatan gigi mulut,indikator kesehatan gigi dan mulut masyarakat,indikator kesehatan gigi dan mulut menurut who,indikator kesehatan gigi dan mulut terbaru,indikator kesehatan gigi dan mulut who,indikator kesehatan gigi dan mulut yang terbaru,jeruk nipis untuk kesehatan gigi dan mulut,jurnal kesehatan gigi dan mulut anak,jurnal kesehatan gigi dan mulut anak pdf,jurnal kesehatan gigi dan mulut masyarakat,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada anak pdf,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,jurnal kesehatan gigi dan mulut pada lansia,kader kesehatan gigi dan mulut,karangan kesehatan gigi dan mulut,kasus kesehatan gigi dan mulut,kebijakan kesehatan gigi dan mulut,kegiatan kesehatan gigi dan mulut,kegiatan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,kesehatan gigi dan bau mulut,kesehatan gigi dan mulut,kesehatan gigi dan mulut adalah,kesehatan gigi dan mulut adalah menurut who,kesehatan gigi dan mulut adalah pdf,kesehatan gigi dan mulut anak,kesehatan gigi dan mulut anak berkebutuhan khusus,kesehatan gigi dan mulut anak di indonesia,kesehatan gigi dan mulut anak pdf,kesehatan gigi dan mulut anak powerpoint,kesehatan gigi dan mulut anak ppt,kesehatan gigi dan mulut anak sekolah,kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah,kesehatan gigi dan mulut balita,kesehatan gigi dan mulut dalam pandangan islam,kesehatan gigi dan mulut depkes ri,kesehatan gigi dan mulut di indonesia,kesehatan gigi dan mulut di indonesia pdf,kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut indonesia,kesehatan gigi dan mulut jurnal,kesehatan gigi dan mulut jurnal pdf,kesehatan gigi dan mulut lansia,kesehatan gigi dan mulut liputan6,kesehatan gigi dan mulut makalah,kesehatan gigi dan mulut masyarakat,kesehatan gigi dan mulut masyarakat indonesia,kesehatan gigi dan mulut menurut depkes ri,kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,kesehatan gigi dan mulut menurut who,kesehatan gigi dan mulut merupakan,kesehatan gigi dan mulut pada anak,kesehatan gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus,kesehatan gigi dan mulut pada anak jurnal,kesehatan gigi dan mulut pada anak pdf,kesehatan gigi dan mulut pada anak sd,kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah,kesehatan gigi dan mulut pada anak usia dini,kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah,kesehatan gigi dan mulut pada balita,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil pdf,kesehatan gigi dan mulut pada lansia,kesehatan gigi dan mulut pada lansia pdf,kesehatan gigi dan mulut pada lansia ppt,kesehatan gigi dan mulut pada masa kehamilan,kesehatan gigi dan mulut pada penderita dm,kesehatan gigi dan mulut pada remaja,kesehatan gigi dan mulut pada usia lanjut,kesehatan gigi dan mulut pdf,kesehatan gigi dan mulut power point,kesehatan gigi dan mulut ppt,kesehatan gigi dan mulut remaja,kesehatan gigi dan mulut sangat penting,kesehatan gigi dan mulut secara umum,kesehatan gigi dan mulut untuk anak,kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,kesehatan gigi dan mulut youtube,kesehatan gigi mulut,kesehatan gigi mulut,kesehatan gigi mulut anak,kesehatan gigi mulut ibu hamil,kesehatan gigi mulut pada ibu hamil,kesimpulan kesehatan gigi dan mulut,kliping kesehatan gigi dan mulut,kondisi kesehatan gigi dan mulut indonesia,konseling kesehatan gigi dan mulut,konsep kesehatan gigi dan mulut,konsultasi kesehatan gigi dan mulut,kontrol kesehatan gigi dan mulut,kti cara menjaga kesehatan gigi dan mulut balita,kti kesehatan gigi dan mulut,kti kesehatan gigi dan mulut pada anak,kuesioner kesehatan gigi dan mulut,laporan kesehatan gigi dan mulut,leaflet kesehatan gigi dan mulut,leaflet kesehatan gigi dan mulut anak,leaflet kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,lembaga kesehatan gigi dan mulut,lembaga kesehatan gigi dan mulut halim,lembaga kesehatan gigi dan mulut tni au,lp kesehatan gigi dan mulut,makalah kesehatan gigi dan mulut balita,makalah kesehatan gigi dan mulut lansia,makalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,makalah kesehatan gigi dan mulut pada lansia,makalah kesehatan gigi mulut,manfaat jeruk nipis untuk kesehatan gigi dan mulut,masalah kesehatan gigi dan mulut di indonesia,masalah kesehatan gigi dan mulut menurut who,masalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,masalah kesehatan gigi dan mulut pada remaja,materi kesehatan gigi dan mulut dokter kecil,materi kesehatan gigi dan mulut untuk dokter kecil,materi kesehatan gigi mulut,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk lansia,materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk masyarakat,menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak dan ibu hamil,menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa,nutrisi untuk kesehatan gigi dan mulut,panduan kesehatan gigi dan mulut bagi ibu hamil,pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah,pelayanan kesehatan gigi dan mulut di rumah sakit,pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penelitian kesehatan gigi dan mulut,pengaruh kesehatan gigi dan mulut terhadap halitosis,pengaruh narkoba terhadap kesehatan gigi dan mulut,pengertian kesehatan gigi & mulut,pengertian kesehatan gigi dan mulut menurut para ahli,pengertian kesehatan gigi dan mulut menurut who,pengertian kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pengertian kesehatan gigi dan mulut secara umum,pengertian kesehatan gigi dan mulut terbaru,pengetahuan kesehatan gigi dan mulut adalah,pentingnya kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut anak sd,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil pdf,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil ppt,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada lansia,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut remaja,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk anak sd,penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil,penyuluhan kesehatan gigi mulut,penyuluhan kesehatan gigi mulut ibu hamil,perawatan kesehatan gigi dan mulut bagi bayi dan balita,ppt kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,profil kesehatan gigi dan mulut indonesia,program kesehatan gigi dan mulut masyarakat pdf,program kesehatan gigi mulut masyarakat,pusat kesehatan gigi dan mulut makassar,pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut bandung,referensi kesehatan gigi dan mulut,riskesdas kesehatan gigi dan mulut,rumah sakit kesehatan gigi dan mulut bandung,sap kesehatan gigi dan mulut,sap kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,satpel kesehatan gigi dan mulut,seminar kesehatan gigi dan mulut,seputar kesehatan gigi dan mulut,skk kesehatan gigi dan mulut,skripsi kesehatan gigi dan mulut,skripsi kesehatan gigi dan mulut pada anak,slogan kesehatan gigi dan mulut,sop kesehatan gigi dan mulut,status kesehatan gigi dan mulut,survei kesehatan gigi dan mulut,target kesehatan gigi dan mulut,target nasional kesehatan gigi dan mulut,tentang kesehatan gigi dan mulut,teori kesehatan gigi dan mulut,tes kesehatan gigi dan mulut,tingkat kesehatan gigi dan mulut di indonesia,tips kesehatan gigi dan mulut,tips kesehatan gigi dan mulut bagi pengguna behel,tujuan kesehatan gigi dan mulut,upaya kesehatan gigi dan mulut,upaya kesehatan gigi dan mulut di puskesmas,upaya kesehatan gigi dan mulut masyarakat,usaha kesehatan gigi dan mulut masyarakat desa,uu kesehatan gigi dan mulut,uu tentang kesehatan gigi dan mulut,video kesehatan gigi dan mulut

Powered by WordPress. Designed by WooThemes