Masalah kesehatan dalam rongga mulut gak cuman gigi - DokterGigiGAUL

Banyak Gigi Berlubang Pertanda Diabetes, Mitos atau Fakta?

dental-caries-in-children-14

Katanya kalo gigi kamu banyak berlubang, itu artinya kamu (mungkin) terkena diabetes. Sebenernya, ini fakta atau hanya sekedar mitos? Yuk, cari tahu!

Buat yang belum ngeh, permasalahan seputar gigi, gusi atau lidah bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit atau kondisi tidak normal yang menyerang tubuh secara umum. Misalnya, kehamilan, penyakit jantung ataupun diabetes.

Oke. Sebelum lebih lanjut, kita mulai dengan pelogikaan mudah terlebih dahulu.

Lubang gigi adalah kondisi atau keadaan pada gigi akibat penyakit karies. Biasanya salah satu faktor yang bikin karies menjadikan gigi berlubang adalah adanya manis-manis yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Karies bukan gigi berlubang. Karies adalah PENYEBAB gigi berlubang, gigi berlubang adalah AKIBAT penyakit karies.

‘Manis’ gag melulu berasal dari gula, lho. Nasi bisa jadi salah satu sumber ‘manis’ yang didapat oleh tubuh.

Selanjutnya, diabetes. Jadi gini, tubuh adalah penjaga keseimbangan yang baik. Salah satu keseimbangan yang dijaga tubuh adalah soal manis-manis. Kalau ada bahan manis masuk tubuh, akan segera dikurangi oleh tubuh. Namun, pada beberapa orang proses penyeimbangan tersebut tidak berjalan dengan semestinya. Ada satu atau lain hal di tubuh yang menyebabkan hal tersebut. Nah, diabetes adalah penyakit yang diakibatkan kadar gula yang tinggi, akibat suplai manis terlalu banyak masuk ke tubuh tanpa bisa diimbangi proses pengurangannya oleh tubuh.

Mulai kelihatan korelasinya?

Karena itu gigi berlubang sering dihubungkan dengan penyakit diabetes.

Gag selalu. Sering.

Kalo kamu punya gigi berlubang yang lumayan banyak, kamu boleh mulai khawatir. 🙂 Tapi jangan alay juga. Seperti yang ditekankan sebelumnya, belum tentu dengan punya banyak gigi berlubang kamu PASTI diabetes. Siapa tahu hobi kamu emang ngoleksi gigi berlubang..

Langkah terbaik untuk dilakukan adalah segera melakukan sesuatu terkait gigi berlubang tersebut. Datang ke dokter gigi adalah tindakan terbaik. Dokter gigi bisa mengatasi kondisi gigi berlubang tersebut, sekaligus memastikan apakah kamu (mungkin) mengidap diabetes atau enggak

Kalo udah jelas, langkah selanjutnya ada di tangan kamu. Mau nerusin koleksi gigi berlubang plus diabetes, atau mengatasi diabetes yang mungkin ada ke tenaga kesehatan profesional di bidangnya.

Tetap waspada, tetap waspada!

Salam hangat,

DoktergigiGAUL

, , , , ,

Toko Online


Jadi Yang Pertama Tahu!


Berlangganan artikel terbaru lewat e-mail? Masukkan alamat email kamu di kotak bawah ini dan klik tombol SUBSCRIBE!

Delivered by FeedBurner

Selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional offline untuk menangani masalah kesehatan yang sedang dialami. Jangan bertindak tidak sesuai saran tenaga kesehatan profesional hanya karena sesuatu informasi kesehatan yang dibaca di situs ini.

Powered by WordPress. Designed by WooThemes